AMBON, Siwalimanews – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), pertama kalinya menyelenggarakan sarasehan nasional bagi seluruh istri walikota se-Indonesia,

Sarasehan yang di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Kamis (24/11) itu dibuka oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri, Komjen Tomsi Tohir Balaw dan disaksikan oleh Ketua Apeksi Bima Arya.

Irjen Kemendagri Tohir dalam sambutannya mengatakan, sarasehan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan.

“Jadi diharapkan kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya  sengan tujuan, untuk mempersiapkan para istri walikota dalam mengembangkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat berdasarkan situasi dan kondisi kearifan lokal,” ujar Tohir.

Selain itu juga kementerian berharap serta mendoakan berikutnya dapat berjalan dengan baik dengan program-program yang semakin baik dan sempurna.

Baca Juga: Puluhan Siswa Keracunan, DPRD Panggil Dikbud & Kepsek

Senada dengan itu Ketua Apeksi, Bima Arya, berharap diharapkan kegiatan ini dapat membekali para istri petinggi kota di seluruh Indonesia ini agar dapat membantu pekerjaan para suami guna menjalankan tugas negara yang diiembankan dipundak mereka.

“Kegiatan ini bukan hanya acaranya, tetapi juga wadahnya. Ini bukan sekedar mendukung pekerjaan suami saja tapi ini untuk kepentingan kota, dan bangsa,” jelas Arya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh seluruh istri walikota pada 98 kota di Indonesia itu dengan pemateri yang dihadirkan istri walikota Jambi, Bogor, Lubuklinggau, Malang, motivator Merry Riana, dan Pemaparan Materi melalui video oleh Ketua Penggerak PKK pusat, Tri Suswati. (S-25)