AMBON, Siwalimanews – Setelah keluar dari Partai Hanura, Ronny Sapulette yang lama berkiprah di Ibu Kota Jakarta sebagai seorang pengacara, kini datang ke Maluku untuk memperkenalkan Partai Kebangkitan Nusantara atau yang lebih dikenal dengan PKN.

PKN diketahui lolos verifikasi tingkat nasional, dan berhak masuks ebagai partai peserta pemilu 2024 dengan menyandang nomor urut 9.

Sapulette yang kini menjabat sebagai Koordinator Wilayah Maluku-Maluku Utara kepada wartawan di Sekretariat PKN Maluku di kawasan Batu Gantung, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Rabu (1/3) menjelaskan, bicara soal hati nurani, bukan untuk main-main. Untuk itu, PKN hadir menjawab apa yang menjadi keinginan masyarakat Maluku, maupun Maluku Utara.

“Saya selaku Deputi III Koordinator Pemetaan Daerah Pemilihan Maluku-Maluku Utara diminta untuk melakukan pemetaan sekaligus persiapan dan juga pembenahan tentunya terhadap kepengurusan, baik ditingkat pimpinan daerah, hingga ke kabupaten/kota, bahkan kecamatan hingga ke desa/negeri,” tuturnya.

Sapulette mengaku, dirinya merasa terpanggil untuk bergabung dan bekerja bersama secara gotong royong, dengan para pejuang-pejuang nusantara yang ada di Maluku dan Maluku Utara, untuk membesarkan partai ini.

Baca Juga: Rum Soplestuny Layak Jadi Bupati Buru

Banyak sekali saudara-saudara di Maluku dan Maluku Utara, terutama Maluku saat ini, yang punya visi dan misi yang sama, sehingga ada ketertarikan untuk melakukan perubahan, membangun negeri, sehingga mereka bergabung bersama PKN.

“Untuk itu, saya ditugaskan untuk memantapkan kepengurusan, termasuk persiapan pelantikan kepengurusan di Maluku oleh pimpinan nasional, sekaligus dilakukan rapat kerja,” jelasnya.

Terkait dengan target, dirinya yakin PKN akan lolos parlemen threshold, baik daerah hingga ke pusat, sebab PKN bukan sekedar partai baru.

Jika dikatakan, kenapa tidak bergabung dipartai yang telah memiliki nama besar, Sapulette mengaku, lebih memilih membesarkan PKN, demi perubahn dan perbaikan bagi Ambon, dan Maluku secara keseluruhan.

“Saya keluar dari rumah yang lama (Hanura) dan bergabung dengan PKN, yang punya cahaya baru, punya masa depan yang luar biasa. Kenapa, meski hadir belum setahun, tapi sudah bisa melewati tahapan verifikasi KPU, dan itu luar biasa, dan pemimpin yang baik, adalah orang yang ada di hati masyarakat, artinya kemanapun pemimpin itu bergeser, pasti diikuti. Dan itu terbukti,” tandasnya.

Menurutnya, berbicara politik, itu artinya, bicara tentang kepentingan untuk rakyat. Bukan untuk golongan atau kelompok. Jika demikian, maka daerah ini tidak akan pernah maju. Tetapi jika bicara kepentingan rakyat, maka partai ini akan dijunjung dan dipilih oleh rakyat.

Sementara terkait pendaftaran bacaleg pendaftaran telah dibuka secara online, tanpa mahar bahkan uang pendaftaran. Berkaitan dengan itu, kehadirannya di Maluku, sekaligus melakukan membekalan terhadap para pengurus, terkait pembukaan pendaftaran bacaleg secara manual.

“PKN terima bacaleg untuk umum, siapapun dia yang merasa punya kemampuan dan pengaruh dalam pertarungan politik 2024 mendatang, tanpa melihat suku, ras dan sebagainya namun tetap harus melewati prosea seleksi yang akan ditentukan oleh PKN,” pungkasnya. (S-25)