AMBON, Siwalimanews – Ratusan simpatisan pasangan Prabowo-Gibran tumpah ruah menyaksikan debat capres  pertama.

Nonton bareng debat capres dipusatkan di Sekretariat Tim Kampanye Daerah pasangan Prabowo-Gibran Maluku di Kawasan A.Y Patty Ambon, Selasa (12/12) malam.

Tak hanya simpatisan, turut hadir dalam momen nonton bareng debat capres tersebut yakni Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Maluku Hendrik Lewerisaa dan jajarannya.

Debat capres pertama mengusung tema  Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Pantauan Siwalima, melalui cancel YouTube, sejak dimulainya debat, pasangan calon presiden tampil memukau dengan menyinggung persoalan kekurangan pupuk yang terjadi di keluhkan warga Jawa Tengah.

Baca Juga: Apel Siaga Deklarasi Kampanye Damai

Prabowo mengaku selama melakukan perjalanan dirinya menampung keluhan para petani terkait pupuk langka, bahkan dirinya mendapat informasi petani dipersulit kebijakan Ganjar saat menjadi gubernur.

“Masyarakat mengeluh kartu tani yang Bapak luncurkan mempersulit mereka mendapat­kan pupuk. Mereka ingin pengadaannya disederhanakan,” ujar Prabowo kepada Ganjar.

Prabowo juga memastikan tidak akan toleransi terhadap segala bentuk penyimpangan hukum termasuk korupsi, sebab isu hukum dan korupsi menjadi prioritasnya.

Ketua umum Partai Gerindra ini juga menyinggung polemik putusan MK terkait dengan batas usia capres.

Menurutnya, pasca putusan tersebut dirinya telah meminta kajian dari Tim Hukum dan dinyatakan tidak ada pelanggaran hukum dalam putusan tersebut.

Sedangkan terkait persoalan etika telah diselesaikan oleh Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi dan telah dijatuhi sanksi artinya putusan MK tersebut telah final dan tidak dapat di ganggu gugat.

“Yang menentukan Presiden adalah rakyat jadi kita serahkan kepada rakyat, kalau rakyat tidak suka kita jangan pilih kita. Saya tidak takut kehilangan jabatan,” tegas Prabowo.

Sementara itu, Ketua TKD Maluku, Hendrik Lewerisaa kepada wartawan usai debat memberikan apresiasi bagi capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subiantobyajg telah tampil luar biasa.

Prabowo Subianto dinilai mampu menyampaikan sejumlah isu yang sangat substansi termasuk tidak terpancing dengan pernyataan propokatif yang sering kali dimunculkan setiap perhelatan pilpres dala debat capres.

“Itu adalah satu kecerdasan capres Prabowo Subianto dalam tampilan di debat capres pertama dan apa yang disampaikan itu clear, terang-benderang dan mudah dipahami rakyat Indonesia terutama pemilih pada 14 Februari nanti,” ujar Lewerisaa.

Kendati debat presiden bukan yang pertama kali dilakukan Prabowo Subianto, sebagai TKD Maluku merasa puas dan bangga memiliki capres seperti Prabowo Subianto.

“Kita bangga dengan capres kita yang mampu mengadrees isu yang sifatnya substansial dan tidak terjebak pada              retorika permainan narasi yang sifatnya teatrikal tapi lebih fokus pada substansi permasalahan yang dihadapi bangsa,” pungkasnya.(S-20)