AMBON, Siwalimanews – Persoalan sampah hingga kini masih menjadi momok bagi Pemerintah Kota Ambon.

Pasalnya, sampai saat ini di beberapa lokasi dipenuhi sampah, namun tak juga diangkut oleh armada sampah milik Pemkot. Ironisnya lagi, akibat penumpukan samapah itu, bau busuk menyengat, sehingga meresahkan warga sekitar.

Pantauan Siwalimanews, Rabu (29/6) di beberapa ruas jalan di Kota Ambon, tumpukan sampah hingga menimbulkan bau busuk terlihat di sepanjang ruas jalan Pasar Minggu, Negeri Passo dan Desa Lateri, Kecamatan Baguala. Tumpukan sampahjuga terlihat di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau.

Warga Passo Poly Nikijuluw saat ditemui wartawan mengaku, persoalan sampah yang menumpuk hingga mengeluarkan bau busuk di sepanjang ruas jalan Pasar Minggu ini, sudah terjadi sejak lama.

“Memang beberapa waktu lalu sempat dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, tetapi karena tidak ada pengawasan, sampah kembali menumpuk,” ujarnya.

Baca Juga: Asri Arman Bantu Renovasi Masjid di Buano

Terkait keluhan warga ini, Sekretaris Dinas LHP Kota Ambon Hairun Tuny kepada Siwalimanews mengaku, pihaknya kekurangan armada sampah dan yang tersediapun, sering mengalami kendala seperti kerusakan.

“Tetapi disisi lain juga soal kesadaran masyarakat, yang tidak memperhatikan jam-jam buang sampah yang tidak disesuaikan dengan jam angkut sampah oleh petugas,” ungkapnya. (Mg-01)