AMBON, Siwalimanews – Banyak cara yang dapat dilakukan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun suatu intansi, seperti dengan menggelar kegiatan bakti sosial yang berdampak positif untuk masyarakat, salah satunya dengan donor darah.

Banyak manfaat yang diperoleh jika rutin mendonorkan darah, tak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, pendonor juga mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Aksi donor darah digelar untuk Prajurit Kodam XVI Pattimura dan anggota Persit KCK PD XVI Pattimura yang berlangsung di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II dr JA Latumeten, Kamis (12/5).

“Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan  peringatan HUT XXIII Kodam XVI Pattimura tahun 2022, selain juga sebagai bentuk kepedulian dari Kodam XVI Pattimura bersama PMI a Cabang Ambon dalam pemenuhan kebutuhan stok darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah di masa sulit akibat Pandemi Covid-19,” tulis pihak Pendam XVI/Pattimura dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, usai kegiatan tersebut.

Hal ini mencerminkan Prajurit  Kodam XVI Pattimura peduli terhadap sesama, dengan program Mutiara Pattimura TNI AD selalu hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat sebagai Prajurit Pelindung Dan Perekat Bangsa.

Baca Juga: Pengamanan Lebaran Sukses, Kapolda Apresiasi Kinerja Anggotanya

“Kegiatan yang mengusung tema Dua Puluh Tiga Tahun Pengabdian, Kodam XVI Pattimura Bertekad Hadir membawa Solusi Sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa ini, para pendonor yang terdiri dari prajurit dan persit ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dari 100 kantong yang disediakan PMI, diperoleh kurang lebih 150 kantong darah dalam kegiatan ini,” tulis pihak Pendam.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon diwakili Kasdam XVI Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury didampingi Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI Pattimura, meninjau langsung pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, sekaligus turut mendonorkan darahnya, sehingga memotivasi dan menambah semangat  bagi pendonor darah yang lain.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Irdam XVI Pattimura Brigjen Muhamad Muchidin beserta ibu dan sejumlah pejabat utama Kodam XVI Pattimura.

Selain donor darah, kedepannya dalam rangkaian HUT XXIII, Kodam XVI Pattimura diagendakan beberapa kegiatan lainnya, seperti anjangsana, ziarah rombongan ke TMP Kapahaha hingga acara puncak, yakni memecahkan rekor MURI makan Papeda diatas Jembatan Merah Putih. (S-07)