AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut meminta pemerintah daerah baik Provinsi Maluku maupun kabupaten/kota harus tanggap sedini mungkin agar ketika terjadi bencana alam baik banjir, longsor atau kecelakaan laut lainnya dapat segera ditangani.

Salah satunya dengan menyiapkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak agar saat terjadi bencana bantuan-bantuan dimaksud dapat didistribusikan kepada korban sehingga tidak terkesan masyarakat ditelantarkan.

“Kita tahu belakang ini memang bencana terjadi hampir di seluruh wilayah Maluku dan karena itu kita minta pemerintah daerah untuk lebih tanggap dengan kondisi yang ada,” tegas Sairdekut, kepada wartawan, di Baileo Rakyat Karang Pajang, Jumat (25/2).

Selain itu, kata dia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga harus segera melakukan pendataan korban baik jiwa maupun harta benda agar dengan data yang valid tersebut pemerintah daerah dapat melakukan langkah-langkah guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat korban bencana.

Politikus Gerindra ini juga berharap masyarakat dimana pun berada untuk tetap waspada dengan setiap perubahan cuaca dengan tetap menaati peringatan yang disampaikan langsung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pattimura agar terhindar dari bencana. (S-20)

Baca Juga: MTs Muftahul Khair Namlea Wisudakan 46 Santri