AMBON, Siwalimanews – Stok sembako yang dimiliki Kota Ambon selama empat bulan kedepan aman dan mencukupi. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan, stok sembako yang terdiri atas beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi, daging ayam, telur ayam, susu, jagung saat ini aman hingga empat bulan kedepan.

“Jadi untuk sembilan bahan pokok untuk Kota Ambon semua terkendali,” kata Leuwol kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (23/9). Ia mengaku, stok sembako yang aman tersebut dikarenakan alur transportasi berjalan lancar sehingga pasokan makanan yang berasal dari Jawa dan Sulawesi dapat masuk ke Kota Ambon.

“Sekarang ini kan transportasi lancar. Satu kali masuk kan sekitar 300-350 kontainer dan sebagian besar itu bahan pokok yang pasti stok yang ada ini dia bisa bertahan sampai tiga atau empat bulan kedepan banyak jadi beras, gula, terigu tambah dengan kalau di pasar itu bumbuan itu semua pasti tersedia seperti bawang, seperti cabe semua kan tersedia,” jelasnya.

Leuwol menambahkan, dengan keadaan pandemik saat ini masyarakat justru sudah lebih banyak mengelola sendiri lahannya guna menanam beberapa bahan makan pokok maupun hidroponik dalam pemenuhan pangannya.

“Jadi yang pasti, ini juga kan daya beli juga sudah tidak terlalu tinggi, dari pada kalo kita  lihat dalam situasi normal, yang pasti stok aman-aman,” tandasnya.

Baca Juga: Polresta Ambon Rayakan HUT Lalulintas ke 65

Awasi Protokol Kesehatan di Pasar

Selain itu juga Leuwol mengungkapkan karena Kota Ambon masih berada dimasa pandemi sehingga pihaknya tetap memantau sejumlah pasar moderen dan pasar tradisional dalam penerapan protokol kesehatan.

Diakui Leuwol, hal tersebut dilakukan guna untuk mencegah muncul klaster baru di lingkungan pasar baik itu pasar tradisional atau pasar moderen yang disebabkan oleh kurang adanya pengetatan dalam menjalankan sejumlah protokol kesehatan. (Mg-6)