PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa berkesempatan beri arahan di Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023 dalam rangka pengamanan Natal tahun 2023 dan menyambut tahun baru 2024.

Apel gelar pasukan dengan melibatkan TNI/Polri serta Pol PP dan instansi terkait itu dilaksanakan Polres Maluku Tengah, Kamis (21/12).

Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa dalam arahannya mengatakan, momentum Natal dan Tahun Baru selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, potensi gangguan Kamtibmas yang sering terjadi khususnya pada tempat-tempat ibadah, kecelakaan lalu lintas, keramaian di objek wisata, serta kepadatan di terminal dan pelabuhan, perlu menjadi perhatian kita bersama,” ujar Rakib.

Pria bergelar Doktor Rakib itu berharap, gabungan personel yang terdiri dari TNI dan Polri ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan tahun baru 2024, khususnya ditempat-tempat ibadah, jalan jalan perlintasan arus mudik, pelabuhan, objek wisata, dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Bakal Dirotasi, Seleksi Uji Kompetensi JPTP Digelar

Untuk kelancaran pelaksanaan operasi Lilin Salawaku Tahun 2023, Sahubawa menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilakukan.

Pertama, para personil diminta siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan.

Kedua, persiapkan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi seluruh gangguan serta masalah saat Perayaan Natal dan Tahun Baru.

“mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Perlu saya garis bawahi, Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin Salawaku Tahun 2023 adalah tanggung jawab bersama,” kata Sahubawa.

Oleh sebab itu, Rakib berpesan kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Rakub meyakini, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh sukacita.

“Kepada seluruh personel pengamanan, jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis,” harapnya.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Kapolres Maluku Tengah AKBP Dax Emmanuelle dan didampingi Pj. Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa.

Sementara yang hadir dalam apel gelar pasukan dimaksud antara lain, mewakili Mayor Inf. Efendi Selayar, wakili Danbrigif 27 Nusa Ina, Pasilat Kapten Adam Susanto, Wadan Yonif 731/kabaresi Mayor inf. Ronald Biad, Ps Danyon B Pelopor Satbrimobda Maluku, Kompol Syaid Basahona, Wadanden POM XVI Pattimura, Mayor Cpm Lexi Ririmasse, Ketua Pengadilan Agama Masohi, Rifyal Facri Tatuhey, Kepala UPP Amahai Abdul Radak Kelrey, Pastor Paroki Santo Yohanes Penginjil Masohi, Pius Lawe, dan para pimpinan OPD di lingkup Pemerintahan Kabupa­ten Maluku Tengah. (S-17)