MASOHI, Siwalimanews – Penjabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa mengapresiasi terselenggaranya kegiatan apel siaga penting itu. Sebab baginya dengan apel siaga kampanye dan deklarasi damai itu pelaksanaan pemilu serentak pemilihan Presiden dan anggota DPR/DPD dan DPRD itu dapat dipastikan berjalan lancar dan aman.

Dikatakan, Bawaslu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemilihan umum di negara Republik Indonesia.

“Bawaslu sebagai salah satu elemen penting dalam pemilu tentu memiliki peran sangat strategis yang menentukan keberlangsungan demokrasi di Indonesia dapat  berjalan sesuai dengan amanat dan Asas demokrasi,yakni bebas,umum dan rahasia” tandas Sahubawa, dalam sambutannya yang diwakili  Penjabat Sekda, Jauhari Tuarita, saat apel siaga dan deklarasi pemilu damai, yang berlangsung di Jalan Kapitan Pattimura Masohi, Sabtu (3/12).

Dikatakan, dalam melaksanakan tugas dan perannya Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah dalam kiprahnya telah menunjukkan komitmen yang tinggi, terutama dalam melibatkan semua pihak untuk mengawal kampanye dan mendeklarasikan Pemilu damai tahun 2024.

“Kami sungguh mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan doa yang terbaik untuk Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah untuk bagaimana menyelenggarakan pemilu pada tahun 2024 dengan baik,” kata Bupati.

Baca Juga: Penyelenggara Pemilu di Malteng Diminta Netral

Dikatakan, sebagai pilar utama demokrasi pemilihan umum diharapkan dapat berlangsung dengan aman tertib dan santun melalui kampanye yang sehat dan damai.

“Kita dapat memastikan bahwa suara rakyat benar-benar akan terwakili dengan baik. Karennya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat mulai dari penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu hingga masyarakat umum untuk bersama-sama menjaga ketertiban keamanan dan kedamaian selama proses kampanye sampai dengan pemilihan dilaksanakan.

Dirinya menyakini sungguh dengan sinergi yang baik antara pemerintah daerah Bawaslu maupun  KPU, partai politik dan masyarakat dapat menciptakan Pemilu damai yang berkualitas dan transparan.

“Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya Pemilu damai ini di tengah-tengah Masyarakat,” pintanya.

Ketua Bawaslu Malteng, La Amsuri menjelaskan, apel siaga ini  dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Bawaslu  dalam mengawasi Pemilu 2024.

“Kita di jajaran Bawaslu mendahului untuk menyatakan kesiapan dalam mengawal jalannya Pemilu nanti. Tentu melalui kegiatan ini, kita harapkan parpol sebagai peserta pemilu dapat melaksanakan kampanye dengan lancar dan menghindari kampanye hitam, ujaran kebencian serta hal lain yang merusak jalannya pesta demokrasi ini,”Jelasnya.

Aris menambahkan, Apel siaga ini nanti juga akan dilaksanakan sebagaimana pada pemilu tahun sebelumnya dengan melibatkan tidak hanya Panwascam, Bawaslu juga akan menghadirkan PKD serta elemen lainnya.

Apel siaga tersebut turut melibatkan sejumlah komponen, mulai dari Panwascam, TKD, Parpol peserta pemilu hingga komponen warga di bumi Pamahanu-Nusa itu.

Hadir dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa yang diwakili Penjabat Sekda, Jauhari Tuarita, Pimpinan Bawaslu Maluku, Astuty Usman Marasabessy, Kapolres Malteng AKBP Dax Emanuelle, Dandem POm XV/2 Masohi, Ketua PWI Malteng, Kejari Malteng Nur Akhirman serta sejumlah pejabat Forkompinda lainnya.(S-17)