PIRU, Siwalimanews – Bupati Moh. Yasin Payapo didampingi istrinya Syarifah Payapo meresmikan pembangunan Rumah Sakit Pratama Desa Waesala Kecamatan Huamual Belakang, Sabtu (20/3).

Dalam arahannya, Bupati mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Pratama yang sudah diresmikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pelayanan kesehatan di wilayah Huamual Belakang.

“Masih banyak kekurangan penunjang kesehatan yang harus dilengkapi. Untuk itu pemerintah daerah akan berupaya dalam waktu dekat untuk melengkapi fasilitas dimaksud,  selain itu tenaga medis pun mesti menjadi perhatian serius agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, dengan kekurangan  tenaga kesehatan salah satunya dokter ahli harus mesti menjadi perhatian serius. Minimal harus ada dua atau tiga dokter ahli.

Bupati meminta, Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kepala Dinas Anis Tapang untuk mendata dokter-dokter yang ada di daerah ini, untuk disekolahkan dan dibiayai pemerintah daerah. Hal ini agar kekurangan dokter dapat teratasi dan dapat memberikan pelayanan yang optimal.

Baca Juga: Jalan Lapen Poros Mako–Kayeli Telah Rampung

“Untuk mendirikan sebuah rumah sakit membutuhkan biaya yang besar dan  membutuhkan dorongan dari masyarakat. Hanya dengan ini maka pembangunan dapat dibangun dan diselesaikan,” katanya.

Dikatakab, semua hal yang menjadi kebutuhan standar rumah sakit, akan dibenahi secara bertahap, dan tidak bisa sekaligus, harus melalui perencanaan yang matang.

“Terkait dengan keamanan dan kenyamanan di rumah sakit tersebut, maka itu saya tekankan agar pembangunan pagar rumah sakit tersebut akan segera dibangun. Bahkan saya juga menginstruksikan agar lima anggota Satpol PP akan bertugas untuk menjaga di rumah sakit ini,” tegas Payapo.

Payapo berharap, semua pihak bisa bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk menjaga dan merawat rumah sakit ini sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik sesui keinginan masyarakat. (S-48)