PIRU, Siwalimanews – Sebanyak 1.494 orang Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 lingkup pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Selasa (21/9).

Kepala BKSDM SBB Manan Tuarita kepada Siwalima menjelaskan, peserta CASN tahun 2021 yang mengikuti tes SKD sebanyak 1.494 orang.

“Tes CASN akan berlangsung selama empat hari, mulai Selasa hingga Jumat. Untuk hari pertama sebanyak 450 orang dibagi dalam tiga sesi, setiap sesi 150 orang,” ujarnya.

Tuarita menjelaskan, nilai ambang batas atau passing grade SKD CPNS tahun 2021 ini untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelejensi Umum (TIU) 80, dan Tes Kepribadian (TKP) 166.

“Kuota SBB sebanyak 122 orang, terdiri dari tenaga teknis 32 orang, kesehatan 90 orang,” tegasnya.

Baca Juga: Walikota: CPNS harus Rapid Antigen

Tuarita juga mengatakan, meskipun sedang terjadi kendala jaringan internet dan mengakibatkan penundaan tes SKD disebagian wilayah di Indoneaia, namun SBB dengan menggunakan provider AstiNet diharapkan tidak mengalami kendala.

“Tes tetap jalan, kita pakai AstiNet dengan kapasitas 50 Mbps” terangnya.

Dirinya yakin, dengan kepasitas tersebut pelaksanakan SKD tidak terkendala jaringan.

“Tadi saya sudah hubungi General Manager (GM) AstiNet juga, tolong diamankan selama empat hari ini dan mereka siap untuk mengamankan,” tuturnya

Ditambahkan, meski jaringan internet terkendala tetapi pemerintah daerah melalui BKPSDM bersama Kominfo sudah siap dari berbagai persiapan capai 100 persen dan jika terjadi masalah jaringan dalam proses pelaksanaan nanti, pihaknya akan segera melaporkan kepada BKN pusat untuk langkah selanjutnya.

“Kalau memang terjadi kendala seperti demikian, keputusan untuk penundaan atau penjadwalan ulang itu adalah kewenangan BKN pusat,” tandasnya. (S-48)