AMBON, Siwalimanews – DIREKTUR RSUP dr. Sitanala, H. Afrizal Hasan, beserta rombongan melaksanakan upacara ziarah dan tabur bunga di Makam dr. J.B Sitanala dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, bertempat di pekarangan keluarga Sitanala, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (2/11).

Direktur Utama RSUP dr. Sitanala, H. Afrizal Hasan, mengatakan, Jacob Bernadus Sitanala adalah Pahlawan Kesehatan yang dikenal sebagai ahli penyakit Kusta pertama di Indonesia. Dan untuk mengenang jasa-jasanya, pihaknya berencana membangun Museum Mini dr. J.B Sitanala di RSUP dr. Sitanala yang beralamat di Tangerang, Provinsi Banten.

“Jasa beliau cukup besar sampai pada saat ini kita bebas dari penyakit kusta. Maka kami di rumah sakit berencana membuat Museum Mini dr. J.B Sitanala. Dan saat ini kita sementara koordinasi dengan keluarga Sitanala untuk mengumpulkan data-data sejak beliau masih kecil hingga wafat,” katanya, kepada wartawan.

Afrizal juga menyambut baik permintaan langsung dari keluarga Sitanala untuk dapat membantu memperjuangkan nama dr. J.B Sitanala mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional asal Provinsi Maluku. Hal ini mengingat dr. J.B Sitanala dianugerahi Pahlawan Perintis Kemerdekaan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

“Soal permintaan keluarga, nanti kita akan fasilitasi, kita buat nanti pengajuan dari keluarga ke kepala adat baru diajukan oleh pemerintah daerah untuk tembusan ke kita, nanti kita sampaikan ke Kementerian Kesehatan. Kita harus menjadikan dr. JB Sitanala sebagai Pahlawan Nasional,”

Baca Juga: Rehab Jalan di Kota Bula Mulai Dikerjakan

“Dan soal permintaan keluarga Sitanala untuk dibuatkan buku (dr. J.B Sitanala), itu juga nanti bersamaan dengan museum mini,” tambah Afrizal.

Sebelumnya, keluarga besar Sitanala yang diwakili oleh Jimmy Sitanala, dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran juga rencana-rencana yang akan dilakukan oleh pihak RSUP dr. Sitanala kedepan.

“Kami, keluarga Sitanala akan selalu membackup dan siap membantu mencari seluruh dokumen terkait dengan keberadaan dr JB Sitanala untuk rencana Pembangunan museum mini nantinya,” janji Jimmy. (S-08)