AMBON, Siwalimanews – Pihak Rumah Sakit diminta transparan indentifikasi pasien yang dirawat. Hampir semua pasien dengan penyakit bawaan atau komorbid, divonis meninggal akibat Covid-19.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon, James R Maatita kepada Siwalima di Balai Rakyat Belakang Soya Ambon Kamis (18/2), mengatakan, akibat justifikasi orang yang masuk RS dengan penyakit bawaan, Ambon berada pada zona merah.

“Pemerintah Kota Ambon melalui Satgas Covid-19 diminta lebih transparan dalam mengidentifikasi data pasien Covid-19 yang telah meninggal dunia. Sebab ditakutkan, orang yang meninggal karena penyakit bawaan, justru dijustifikasi meninggal karena tertular Covid-19. Alhasil zona Kota Ambon berubah menjadi merah,” jelas Maatita.

Menurutnya, justifikasi orang yang mening­gal di rumah sakit terindentifikasi covid, ber­pengaruh terhadap zona, dimana Kota Ambon yang tadinya zona orange naik men­jadi merah.

“Satgas Covid harus bersikap transparan kepada publik. Tetapi juga mengidentifikasi secara jelas orang yang meninggal itu. Sehinga tingkat yang meninggal itu semakin di tekan.dan tanggung jawab dari pemerintah intens dilakukan,” ujar Maatita.

Baca Juga: Rerung: Tak Divaksin akan Disanksi

Menurutnya identifikasi perlu dilakukan karena berkaitan dengan penetapan zona penyebaran Covid-19. Sebab sesuai data Satgas Covid-19 Kota Ambon per 16 Februari 2021, Ambon telah kembali ke zona merah. Penyebaran Covid-19, dengan skoring zonasi 1.76.

Jika dibandingkan dengan skoring zonasi Ambon per 14 Februari 2021 kemarin, tercatat sudah mencapai 2.07 dengan posisi zona orange atau rendah.

“Ini menjadi pertanyaan bersama. Kita harap Satgas Covid-19 harus membuat manajemen penanganan Covid, termasuk didalamnya secara serius juga mengidentifikasi orang yang meninggal, apakah benar karna covid atau tidak. Karena banyak keluhan masyarakat soal masalah ini”cetusnya.

Dalam penanganan Covid, tidak semata-mata di tangan pemerintah daerah, tetapi berpulang juga ke masyarakat. Kalau masyarakat tertib protokol kesehatan, tentu tingkat terjangkitnya orang terhadap covid bisa menurun.

Politisi PDIP ini  berharap Satgas covid harus melakukan identifikasi segera terhadap orang yang dinyatakan meninggal karena Covid-19 supaya dapat menjawab keraguan banyak keluarga pasien yang tidak mengakui keluarga meninggal akibat Covid-19. (Mg-5)