AMBON, Siwalimanews – Satuan Brimob Polda Maluku kembali melakukan sterilisasi dua rumah sakit swasta di Kota Ambon dengan menyemprotkan cairan disinfektan, Senin (13/7).

Dua rumah sakit swasta yaitu, Rumah Sakit Al-Fatah dan Rumah Sakit Sumber Hidup (GPM) serta seluruh lokasi Karantina pasien Covid-19. Penyemprotan itu dilakukan oleh 10 personil Kimia Bilogi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana dibawah pimpinan Ipda A Manullang.

“Aksi penyemprotan disinfektan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Brimob Maluku serta wujud dari kepedulian Brimob Untuk Indonesia,” ujar Dansat Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, usai kegiatan tersebut.

Selain dua RS swasta, kata Dansat, sejumlah lokasi juga dilakukan penyemprotan diantaranya, pangkalan ojek didalam kota, pemukiman penduduk dalam kota, sejumlah ATM dan super market dalam kota dan sepenjang Jalan Tulukabessy hingga Kapahaha.

“Selain penyemprotan personil kita juga sampaikan himbauan agar masyarakat tetap memakai masker saat di luar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, serta tidak berkumpul dalam jumlah banyak dan selalu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” tandas Dansat.

Baca Juga: Sanggar Gospel Berbagi Kasih di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara untuk mengantisipasi berbagai macam tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah Kota Ambon pada malam hari, Detasemen Gegana Satbrimob Polda Maluku menggelar apel kesiapsiagaan.

Tujuan dilaksanakannya apel kesiapsiagaan ini untuk mengecek kesiapan personel serta peralatan yang dimiliki agar siap pakai dan sewaktu-waktu siap digerakkan tanpa kendala pada saat digunakan, Apel Kesiapsiagaan yang dilaksanakan oleh Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku yang rutin dilaksanakan setiap minggu malam guna mengantisipasi situasi kontijensi di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya dalam merebaknya virus Corona.

“Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan seluruh jajaran Satbrimob Polda Maluku ini sebagai bentuk dalam menyiagakan anggota untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif baik di dalam Provinsi Maluku Maupun di luar Maluku,” tegas Dansat.

Berbagi dengan Warga

Satuan Brimob Maluku dibawah pimpinan Kombes M Guntur, kembali berbagai dengan warga ditengah pandemic Covid-19 dengan membuka dapur lapangan.

Dapur lapangan yang dibuka Senin (13/7) berlokasi di Mako Kompi 4 Batalyon A Pelopor–Tantui menyediakan, makanan siap saji sebanyak 100 paket. Sasaran penerima bantuan kali ini yakni, para pekerja penyapu jalan di kawasan Desa Batu Gong dan tukang ojek.

Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Guntur kepada wartawan mengatakan, kegiatan dapur lapangan merupakan kegiatan yang terpusat yang dilakukan selama pandemi berlangsung, guna meringankan beban masyarakat kurang mampu yang ekonominya terhimpit akibat adanya wabah ini.

“Wabah Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi warga kurang mampu, khususnya mereka yang tergantung pada pekerjaan sehari-hari atau yang berstatus pekerja harian lepas, untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Untuk membantu meringankan beban mereka, giat bhakti Brimob Maluku untuk masyarakat ini, kita laksanakan dengan mendirikan dapur lapangan,” jelas Dansat.

Ia berharap, kegiatan bhakti Brimob ini, sedikit dapat membantu meringankan beban masyarakat yang mata pencariannya terhebat, akibat merajangnya covid hingga saat ini. (S-21/-45)