AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Rovik Afifuddin mengingatkan Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XVI Ambon memperhatikan kesesuaian antara kondisi jalan dan trotoar di Kota Ambon.

Hal ini dikatakan Afifuddin menindaklanjuti hasil pengawasan pada beberapa ruas jalan di Kota Ambon, yang saat ini sungguh memprihatikan, jika dibandingkan antara jalan dengan trotoar.

“Kita ingatkan BPJN untuk memperhatikan kesesuaian antara kondisi jalan yang hampir sama dengan keterse­diaan trotoar,” ujar Afifuddin.

Dijelaskan, jika BPJN terus melakukan perawatan setiap tahun terhadap jalan di Kota Ambon, maka suatu saat kondisi jalan akan sama dengan kondisi trotoar dan ini tidak baik, bagi tata lalu lintas di Kota Ambon.

BPJN seharusnya mempertimbangkan hal ini, artinya bila BPJN bersandar pada alasan perawatan, maka sudah tentu kedepan akan menjadi masalah.

Baca Juga: Hendak Rayakan HUT, 4 Pelajar Alami Kecelakaan

Salah satu contoh terjadi pada ruas jalan di monumen Leimena, dimana akibat dari pembangunan ruas jalan setiap tahun, maka kondisi jalan dan trotoar nyaris sama.

Karena itu, Afifuddin pun mendorong agar Balai Jalan Nasional dapat keluar dari rutinitas setiap tahun dengan melakukan perawatan dan mengalihkan semua anggaran bagi ruas jalan baru di daerah lain. “Balai jalan kita minta agar keluar dari cara yang hanya mengikuti rutin membangun jalan di Ambon dulu untuk dua tahun kedepan, ini anggaran miliaran rupiah, coba dialihkan ke daerah lain,” usulnya. (S-50)