AMBON, Siwalimanews  – Ribuan warga Kota Ambon memadati Lapangan Merdeka untuk mengikuti Sholat Idul Fitri 1445 Hijriyah, Rabu (10/4).

Sholat Ied tahun ini, merupakan yang pertama kali setelah 25 tahun silam, saat Maluku dilanda konflik di tahun 1999. Dengan diselimuti cuaca pagi yang cerah, Sholat Ied yang digelar berkat kolaborasi Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon dan Kementerian Agama Wilayah Maluku itu berlangsung penuh khidmat dan lancar.

Bertindak sebagai Khatib Uztad Muhammad Attamimi, sedangkan Imam Sholat Ied yakni Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Muhmmad Ali Ohorella.

Pantauan Siwalimanews warga Kota Ambon mulai memadati Lapangan Merdeka sejak pukul 06.30 WIT disambut dengan gema takbir. Bahkan terlihat Gubernur Maluku Murad Ismail beserta keluarga berada di tengah-tengah jamaah.

Dalam Khotbah juga, Ustad Atamimi menyampaikan terimakasih kepada pemprov yang telah berinisiatif untuk melaksanakan Shalat Ied perdana, setelah 25 tahun tidak menjalankan sholat berjamaah di Lapangan Merdeka Ambon.

Baca Juga: BPJN: Jalan di Pulau Seram Layak Dilalui Pemudik

“Ini merupakan momentum sakral dan karunia dari Allah SWT, sebab tanpa karunianya sholat ini tidak pernah akan terjadi. Ya Allah yang pemurah selalu berikan kami limpahan karunia-Mu, tanpa izin dari Mu di pagi hari ini, kita tak semua tak dapat sholat berjemaah di sini,” ungkap mantan Kakanwil Kemenang Maluku itu dalam khotbahnya.

Ustad Attamimi dalam khotbahnya juga mengajak umat Muslim di Kota Ambon untuk bermohon dengan segala kemuliaan Allah SWT untuk disempurnakan anugerah Ramadhan yang baru saja berlalu.

Sementara itu, salah satu jamaah yang ikut Sholat Ied saat ditemui Siwalimanews usai mengikuti sholat mengaku, sangat bersyukur atas pelaksanaan sholat di Lapangan Merdeka.

“Sudah sekian lama, kami kembali berjamaah melakukan sholat di Lapangan Merdeka,” ungkapnya. (S-26)