Pemerintah Kota Ambon akan revitalisasi Pasar Mardika. Sebagian pedagang telah di relokasi pada tiga lokasi pasar yang disiapkan. “Diantaranya, Pasar Transit Passo. Pasar Ole-Ole Tantui dan Pasar Apung.

Tiga pasar ini diperkirakan mampu menampung sebanyak 1.700 pedagang “Program revitalisasi Pasar Mardika merupakan program strategi nasional..  Awalnya, proses relokasi dilakukan pada Maret 2020. Tapi akibat pandemi Covid-19, proses ini ditunda hingga akhir Agustus 2020.

Revitalisasi pasar merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), lelang fisik dilaksanakan Direktorat Jendral Cipta Karya. Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR mengucurkan anggaran revitalsasi pasar Mardika sebesar Rp160 miliar.

Proses relokasi Pasar Mardika ini sempat di tolak pedagang bahkan bersama mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa ke Pemerintah Kota Ambon dengan alasan menolak ditempatkan di Pasar Transit Passo.

Pemkot terus berupaya mencari solusi karena pada dasarnya Pemkot, tidak memiliki lahan terdekat untuk dapat menampung pedagang pasar Mardika yang berjumlah ribuan pedagang.

Baca Juga: DPRD Kota Ambon di Pusaran Korupsi

Proses relokasi pedagang telah dimulau sejak bulan september hingga kini. Namun sebagaian besar lapak-lapak pedagang belum juga dibongkar dawalaupun relokasi gedung putih itu ditutup total.“Para pedagang masih memilih berdagang di lokasi tersebut karena mereka berpikir Pemerintah Kota Ambon masih bisa perpanjang waktu relokasi.

Sikap pedagang ini juga bisa dimaklumi karena tiga lokasi pasar yang disiapkan Pemerintah Kota Ambon dinilai kurang terlalu strategi. Apalagi jarak jangkauan ke pasar tersebut bisa dibilang terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal mereka, seperti Pasar Transit Passo“Memang Pemerintah Kota Ambon tidak memiliki lahan bagi para pedagang.

Tetapi revitalisasi Pasar Mardika merupakan sebuah program strategi nasional yang musti juga dilaksanalan. Tetapi disisi lain perlu ada sinergitas antara Pemerintah dan masyarakat terutama dalam mendukung proses revitalisasi pasar Mardika“Apalagi kondisi Pasar Mardika saat ini sudah sangat memprihatinkan. Penataannya sangat amburadul. Bahkan kondisi jalan rusak total.

Kita tentu saja berharap, Pemerintah Kota Ambon bisa menjalankan proses revitalisasi Pasar Mardika ini dengan baik, tetapi disisi harus juga membangun komunikasi intensif dengan masyarakat terutama pedagang sehingga hak-hak mereka untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah juga bisa dipenuhi.

Pedagang juga diharapkan bisa turut membantu mendukung Pemerintah Kota Ambon dalam proses revitalisasi tersebut. Karena ini juga penting demi keindahan Kota Ambon dan pasar Mardika bisa terlibat lebih baik penataannya.“Kita berharap proses ini bisa diselesaikan secara baik oleh Pemerintah Kota Ambon. (*)