AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru mengungkapkan peoses revitalisasi Benteng Victoria sementar dalam proses koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Latuheru mengaku, dari hasil pertemuan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan Deputi I Kantor  Staf Kepresidenan (KSP), Febry Calvin Tetelepta adalah untuk masalah revitalisasi sampai dengan saat ini sementara dalam proses koordinasi.

“Kemarin soal pemindahan revitalisasi Benteng Victoria jadi kalau pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mereka juga sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk revitalisasi,” paparnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (21/1).

Latuheru menuturkan, apabila proses tersebut telah usai maka proses revitalisasi dapat segera berjalan. “Begitu kalau memang semua sudah siap revitalisasi mereka tangani titik menjadibenteng itu akan ikut model awal, kita berdoa saja supaya proses ini dia berjalan lancar,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait dengan proses tersebut dapatkah berjalan dalam tahun 2021, Latuheru mengatakan sampai dengan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan TNI untuk dapat mengosongkan tempat tersebut “Iya kita sementara masih terus berkoordinasi dengan pihak TNI sebetulnya itu langkah-langkah sudah semakin baik,” bebernya.

Baca Juga: Belum Patuh, Pemkot Rencana Lanjutkan PSBB Transisi

Diakuinya, untuk alih fungsi sendiri pihaknya telah menyediakan lahan yang nantinya akan digunakan oleh TNI-AD yang telah menggunakan Benteng Victoria selama ini sebagai Markas Besar.

“Pemkot punya tugas itu menyiapkan lahan pengganti Apakah itu sudah siap kemudian membangun itu akan kita koordinasi itu dengan Kementerian pertahanan keamanan kalau itu sudah selesai Nah baru revitalisasi langsung,” pungkasnya. (S-52)