MASOHI, Siwalimanews – Kapolres Maluku Tengah AKBP Dax E.M Manuputty bersama para pejabat utama Polres Malteng, Rabu (5/10) menyambangi Markas Komando Kodim 1502 Masohi.

Kunjungan sekaligus ikut berbagai memperingati HUT TNI ke-77 itu, dilakukan sebagai wujud merawat sinergitas TNI dan Polri dalam tugas dan perannya masing masing.

“Kejutan yang kami lakukan ini adalah bentuk dari upaya untuk merawat sinergitas, soliditas yang selama ini telah terbangun,” ucap Kapolres kepada Siwalimanews di sela-sela kunjungan tersebut.

Mantan Kapolres Kota Tual ini mengaku, TNI dan Polri adalah garda terdepan dalam menjaga stabilitas nasional, serta menjaga keutuhan bangsa, karenannya, kekompakan serta soliditas yang telah terjalin di bumi Pamahanu Nusa itu harus terus dijaga dan dibangun.

“Selain ke Kodim, kami juga ke Dandempom Masohi, Brigif 27 Nusa Ina dan Bataliyon 731 Kabaresi. Semua ini adalah bentuk dari langkah merawat, menjaga soliditas dan sinergitas TNI dan Polri di daerah ini,” ucapnya.

Baca Juga: Hari Pertama, Ratusan Pengendara Terjaring Operasi Zebra

Kapolres berharap, kekompakan dua institusi negara itu di kabupaten tertua di Maluku ini dapat terus terbangun dan terawat.

“Kami berharap melalui kegiatan yang sederhana ini dapat terus menyemangati semua personel Polri dan TNI di Malteng untuk terus bersinergi,’ ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1502 Masohi Letkol CZI Muhamad Jusuf Aksa mengapresiasi kunjungan Kapolres Malteng bersama para pejabat utamanya.

“Kami mengapresiasi pemberian ucapan selamat serta langkah untuk ikut bersuka cita pada peringatan HUT TNI ke-77 tahun ini,” ucap Dandim.

Dandim mengaku, pihaknya juga senantiasa akan merawat sinergitas bersama pemerintah dan Polri, sebagaimana perintah UU Nomor: 34 tentang Operasi Militer Selain Perang, bahwa TNI membantu pemerintah dan Polri senantiasa diwujudkan.

Gangguan kamtibmas sebagaimana yang pernah terjadi, TNI selalu hadir memberikan  bantuan, termasuk mengupayakan komunikasi dengan tokoh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Salah satu bentuk sinergitas kita adalah ikut berperan menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah ini. Salah satu contoh, kemarin soal adanya aksi pemalangan jalan trans seram Masohi-Tehoru pada salah satu Dusun di Negeri Sepa, kami hadir dan mendukung Polri menangani masalah ini. Kami memberikan masukan dan pikiran bagi pemerintah negeri, serta tokoh pemuda dan tokoh agama di negeri itu,” tutur Dandim.

Selain berperan untuk membantu Polri dan Pemkab Malteng untuk menjamin kestabilan situasi kemanan dan ketertiban kata Dandim, TNI juga ikut berpartisipasi mengontrol infalasi di wilayah teritorialnya.

“Terkait dengan inflasi yang memicu fluktuasi harga, kami juga bekerjasama membantu pemerintah ikut mengawasi hal ini agar tetap terkontrol. Kami telah meminta data resmi dari Disperindag. Data ini telah saya sebar ke seluruh Babinsa untuk ikut mengawasi kestabilan harga di masyarakat, dengan tujuan adalah, jika ada langkah sepihak yang dilakukan oleh pedagang naikan harga, dapat dengan mudah diketahui. Tentu Babinsa saya akan sampaikan laporan dan akan kita tindaklanjuti, baik melalui camat maupun langsung ke dinas teknis terkait,” jelas Dandim.

Dandim juga menjamin sinergitas TNI dan Polri serta pemkab di wilayah Malteng maupun di seluruh wilayah teritorial Kodim 1502 Masohi akan terus dirawat.(S-17)