PIRU, Siwalimanews – Ratusan warga terlibat dalam karnaval budaya yang digelar untuk memperingati HUT Desa Waimital ke-69, Rabu (8/11).

Karnaval budaya tersebut diikuti oleh masyarakat dan siswa-siswi sekolah. Selain itu juga digelar pameran ekonomi kreatif.

Pejabat Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin dalam sambutan yang dibacakan Kadis James Kapuate mengatakan, karnaval budaya merupakan momen untuk menyatukan serta mempererat tali silaturahmi.

“Kita memiliki berbagai macam kekayaan yang merupakan peninggalan dari nenek moyang kita, yang pastinya diturunkan kepada kita generasi penerus agar budaya itu tidak punah,” kata bupati.

Menurutnya dalam kondisi yang lebih spesifik SBB merupakan suatu entitas daerah yang didiami berbagai macam etnik seperti, Jawa, Batak, Bugis, Makassar dan sebagainya sehingga kerukunan tetap dijaga seutuhnya.

Baca Juga: Kajati Maluku Temui Kapolda Maluku

Dengan terlaksananya kegiatan ini ia berharap, karnaval dan pameran dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi adat di Kecamatan Kairatu.

“Kecamatan Kairatu sarat dengan kearifan tata nilai yang khas serta membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui kreatifitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan, karnaval budaya ini juga akan memberi dampak pada generasi penerus untuk mengenal baik budaya yang dimiliki, dibalut dalam perjalanan yang menggembirakan.

“Hari ini, kita merefleksikan bagaimana perjalanan budaya yang masih kita pegang erat dan wajib kita turunkan kepada generasi selanjutnya agar                 tetap terjaga dengan baik di tengah perkembangan               teknologi yang dapat menggerus kearifan lokal yang kita miliki,” terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakapolres SBB Kompol La Udin Taher, Anggota DPRD Maluku, Anggota DPRD SBB, pimpinan OPD, forkopimda, dan undangan lainnya yang berlangsung di Lapang Bola Waimital.(S-18)