TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Maluku Barat Daya berkomitmen mencetak serta melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter.

Guna mencapai itu dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi para guru dengan peran dan tugas masing-masing.

“Jadi sebagai guru bekerjalah selayaknya guru. Sebagai pengawas, laksanakan tugas dengan baik dan kepala sekolah, laksanakan tugas manajerial sekolah dengan sungguh-sungguh,” tegas Wakil Bupati MBD Agustinus Kilikily ketika membuka lokakarya penyusunan dokumen kurikulum merdeka, di salah satu hotel di Kota Tiakur, Rabu (8/11).

Pemerintah Kabupaten MBD berkomitmen dengan sungguh agar pendidikan di ini dapat bersaing dengan daerah lain.

Dengan sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah pusat lewat Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan platform Merdeka Belajar di satuan pendidikan dirinya berharap keinginan pemerintah dapat tercapai.

Baca Juga: Pangdam: Personel Terlibat Politik, Keluar dari TNI

“Dengan adanya sinergitas yang baik antara pusat dan daerah ini, diharapkan masyarakat mendapat pemahaman utuh tentang kurikulum Merdeka Belajar untuk mencegah miskonsepsi di kalangan pendidik,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa bukti dukungan pemerintah daerah yang kuat terhadap program pemerintah pusat itulah, maka Dinas Pendidikan MBD menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurutnya dokumen kurikulum di setiap satuan pendidikan adalah dasar dan panduan penting untuk mengimplementasi Kurikulum Merdeka secara terstruktur dan tersistem dengan baik.

“Guru harus dapat beradaptasi dengan hal-hal baru, serta dapat berinovasi dan berkolaborasi dengan sesama guru untuk memboboti kemampuan yang dimiliki,” tegasnya.

Ia juga berharap kepada kepala sekolah dan para guru dapat mem­-berikan dampak positif bagi per­-kembangan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kompetensi dan kualitas para peserta didik.

Ditempat yang sama Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan MBD, Abdon Yermias, mengatakan kegiatan ini diikuti 174 orang yang berasal dari 58 SMP. (S-28)