MEWAKILI Penjabat Bupati Maluku Tengah, Asisten I Setda Malteng, Silviana Mattemmu melantik dua Penjabat Negeri di lantai 2 Kantor Bupati Maluku Tengah, Senin (7/8/).

Mattemmu, melantik Raja Negeri Mosso dengan memperhatikan keputusan Saniri Negeri Mosso Nomor 04/SN-M/lV/2023 tanggal 10 April 2023 tentang penetapan calon kepala Pemerintahan Negeri Mosso Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, Humaidi Tehuayo.

Sedangkan pelantikan Penjabat Aboru, dengan pertimbangan untuk meningkatkan efektifitas penyeleng­garaan pemerintahan, pembangunan pembinaan masyarakat dan keten­traman dan ketertiban di Negeri Aboru, maka dianggap perlu ditun­juk pejabat kepala pemerintahan Negeri Aboru yakni saudara Yo­hanis Sinai di anggap mampu dan memenuhi syarat.

Dikesempatan itu Mattemmu, menyampaikan beberapa hal penting yang harus untuk dipatuhi dan dilaksanakan oleh Kepala Peme­rintahan Negeri dan Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri sesuai tugas dan amanah di antaranya. Pertama, Pelantikan Kepala Pemerintah Negeri dan Pejabat Kepala Pemerintah Negeri hari ini adalah implementasi dari amanat Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2006 tentang Negeri dan Peraturan Daerah Nomor 03 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan Kepala Pemerintah Negeri. Selaku Penjabat Bu­pati tugas saya untuk melaksa­na­kan amanat ini adalah sangat penting untuk dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kedua, khusus kepada Penjabat Kepala Pemerintah Negeri. Tugas utama saudara adalah segera melakukan konsulidasi untuk mempersiapkan tahapan pemilihan Kepala Pemerintah Negeri yang defenitf. Jadikan regulasi sebagai variabel utama. Saudara harus bebas dari intervensi dan tekanan apapun, dan harus melepaskan diri dari praktik-praktik pragmatisme. Saudara harus berdiri diatas kepentingan semua orang bukan kelompok dan golongan tertentu. Tugas sebagai Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri sangat singkat, karena itu pegang teguh janji dan sumpah jabatan yang telah saudara ucapkan.

Baca Juga: MTQ XXX Malteng, Bangun Semangat Kerukunan Antar Umat Beragama

Ketiga, saya ingatkan kepada para Kepala Pemerintah Negeri, Penjabat Kepala Pemerintah Negeri dan Saniri Negeri agar saudara-saudara selalu proaktif dan bijaksana dalam meminimalisir potensi konflik sekecil apapun serta menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di negeri. Mari kita dukung bersama tugas TNI/POLRI dalam menjaga Kam­tibmas di daerah ini. (S-17)