AMBON, Siwalimanews – Raja Negeri Laturake Kecamatan Taniwel, Kabu­paten Seram Bagian Barat TA Mawene meminta Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri agar bisa membangun atau menyiapkan Polsek atau pos polisi (Pospol) di Wilayah Pegunungan Kecamatan Taniwel.

Permintaan penyediaan Pol­sek atau Pospol, lanjut Mae­wene, mengingat lokasi per­kam­pungan disana jauh bera­da di balik pegunungan Pulau Seram Bagian Barat.

“Mengingat lokasi menuju wilayah kami didaerah pegu­nungan sangat jauh dan medan yang berat sehingga apabila terjadi gangguan Kamtibmas pasti lama penangannannya,” kata Mawene, saat menemui Kapolda di ruang kerja Kapol­da, Jumat (8/1).

Mawene mengaku, sudah dua kali pihaknya datang untuk bertatap muka dengan Kapolda Maluku. Sebelumnya hal se­rupa sudah dilakukan dengan Kapolda yang lama. Selain ber­silaturahmi, tentu ingin meminta Kapolda kalau bisa menye­diakan Polsek atau Pospol di wilayah pegunungan Taniwel.

Sebagai bukti keinginan itu, menurut Mawene, pihaknya siap menghibahkan lahan ke­pada Polda Maluku. Dengan ha­rapan Polsek atau Pospol bisa berdiri untuk menjaga keama­nan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga: Gelar Operasi Yustisi, Satgas Jaring Tiga Pedagang

“Lahannya sudah kami hi­bah­kan dan sudah kami se­rahkan ke Polres SBB waktu di­jabat oleh Kapolres AKBP Agus setiawan. Kurang lebih sete­ngah hektar,” kata Mawene.

Menanggapi permintaan Raja Laturake, mantan Kakorlantas Polri itu langsung menghubu­ngi Kapolres SBB AKBP Bayu Taridar Butar-butar melalui telepon genggamnya.

Kapolres diminta segera menindaklanjuti permintaan Raja Laturake, dengan me­nem­patkan seorang Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut sekaligus menjadi Kapospol.

Permintaan untuk menempatkan Bhabinkamtibmas agar dapat me­nang­gulangi kerawanan Kamtibmas di Pegunungan Taniwel. Sebab, mengacu pada peraturan, di sebuah kecamatan hanya bisa menempatkan satu Polsek dan tidak bisa ditempatkan pada masing-masing wilayah pedesaan.

“Kami sampaikan terima kasih, karena sudah jauh-jauh ke Ambon untuk utarakan permintaan baik tersebut dan sudah kami tindaklan­juti dengan memerintahkan Kapolres segera tempatkan satu orang Bhabinkamtibmas,” kata Kapolda, yang didampingi Direktur Intelkam Kombes Yosef Sriyono dan Kabid Humas Kombes M. Rum Ohoirat. (S-45)