AMBON, Siwalimanews –  Kontingen Kabupaten Maluku Tengah berhasil meraih peringkat dua terbaik dengan mengoleksi 62 medali pada ajang Pekan Olahraga Maluku (Popmal) IV,tahun 2022,setelah kontingen tuan rumah Kota Ambon.

Perolehan prestasi pada Popmal tahun ini sekaligus memecahkan rekor Popmal III  pada empat tahun lalu,,dimana Malteng hanya ber­tengger pada peringkat 4 perolehan  medali saat itu.

Tentu hasil ini menunjukan meroketnya prestasi negeri Pama­hanu-Nusa pada ajang bergensi setingkat provinsi di bawah pimpinan Penjabat Bupati Muhamat Marasabessy.

62 medali yang berhasil dikoleksi pasukan Ainjaran Wattiheluw dan Nova Anakotta itu terdiri dari 19 medali emas, 20 perak dan 23 perunggu.

Emas terbanyak disumbang cabang olahraga Atletik dengan mengeleksi 19 medali, 7 diantaranya adalah medali emas. Cabang kedua penyumbang medali terbanyak juga datang dari cabang Taekwondo dengan 12 medali,5 diantaranya medali emas.

Baca Juga: Tanimbar Juara III Popmal IV

Ketua dan sekertaris Kontingen Kabupaten Maluku Tengah, Ainjaran Wattiheluw dan Nova Anakotta memanjatkan puja puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab  prestasi terbaik yang diperoleh pada ajang bergensi tingkat Provinsi Maluku tahun ini dapat diperoleh, karena penyertaan dan ridho Allah Tuhan semesta alam.

Tak hanya itu, meraka memuji semangat para atlet Malteng serta dukungan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah sehingga hasil maksimal.

“Kami memanjatkan syukur kepada Allah Tuhan  Yang Maha Esa. Sebab  semua hasil ini dapat kita raih,karena penyertaanNya. Selain itu dukungan penuh bapak Penjabat Bupati Malteng yang telah mendorong semua kebutuhan kontingen serta dukungan dan suport masyarakat. Yang kalah penting dari itu adalah, semangat anak-anak kami,para atlet yang tidak kenal lelah. Mereka terus berjuang untuk meraih prestasi dan membanggakan daerah,” ujar asisten dan staf ahli bupati itu kepada wartawan di sela acara penutupan Popmal IV tahun 2022 di lapangan Merdeka Ambon, Minggu (27/11).

Keberhasilan para atlet Malteng meraih prestasi di ajang Popmal IV tahun ini, kata mereka dapat terjadi karena semangat dan disiplin mereka untuk berjuang meraih prestasi.

“Kami kira ini bukan sekedar keberhasilan kontingen saja. Namun keberhasilan ini adalah keberhasilan seluruh pihak yang telah mendorong dan mendukung pencapaian ini. karena meskipun dengan segala keterbatasan yang ada. Para atlet tetap semangat dan terus berjuang meraih prestasi,” ujarnya.

Tidak berlebihan Anakotta dan Wattiheluw mengungkapkan kebanggan meraka atas capaian yang dicapai tahun ini, bahkan mampu memecahkan rekor Popmal 1,2 dan 3.

“Tidak berlebihan kami patut berbangga,bahwa inilah hasil sekaligus kado terindah bagi segenap masyarakat Malteng. Kami optimis pengalaman ini menjadi pelajaran berharga bagi kami, sehingga bukan tidak mungkin pada Popmal V nanti,Malteng bakal mampu meraih juara umum,” ujar mereka berdua.

Menutup keterangannya para pejabat teras Pemkab Mateng itu mengapresiasi para pelatih dan pendamping yang juga terut berpartisipasi aktif mendukung kontingen Malteng untuk berjuang di ajang Popmal tahun ini.

Mereka berharap para pelatih dan pengurus cabang olahraga dapat terus membangun atlet-atlet berbakat yang pada gilirannya nanti dapat berkesempatan meraih prestasi dan membanggakan daerah pada ajang olahraga prestasi lainnya di Tanah Air. (S-17)