AMBON, Siwalimanews – Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Selasa (10/8) resmi menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Perta­ha­nan (Pangkogabwilhan) III. Hal ini ditandai dengan dilak­sanakannya acara serah terima jabatan yang bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta yang dipimpin langsung Pang­lima TNI,  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebagaimana diketahui, promosi jabatan ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 ta­nggal 2 Agustus 2021 tentang pem­berhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Na­sional Indonesia.

Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arh Adi Prayogo membenarkan upacara sertijab Pangkogabwilhan III dari pejabat lama Letjen TNI Agus Rohman kepada pejabat baru Mayjen TNI Jeffry Apoly Raha­warin. Agus Rohman selanjutnya menjabat sebagai Pati Mabesad dalam rangka pensiun.

“Nantinya Pangdam XVI/Patti­mura akan dijabat oleh Mayjen TNI Bambang Ismawan yang sebelum­nya menjabat sebagai Asintel Ka­sad,” jelas Prayogo.

Paryogo menambahkan, jika tidak ada halangan, pelaksanaan lepas sambut sendiri digelar di Makodam pada 20 Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga: Intervensi, Hari Ini Mahasiswa UKIM Demo Murad

Sebelumnya diberitakan, Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin resmi dipro­mosikan menjadi jenderal bintang tiga. Oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jeffry yang baru enam bulan menjadi Pangdam di kampung halamannya, ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Pang­kogabwilhan III yang berkedudukan di Biak, Papua.

Kenaikan pangkat Jeffry itu tertuang dalam Skep Panglima TNI Nomor 694/VIII/2021, tanggal 2 Agustus 2021, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diteken langsung Hadi Tjahjanto.

Tercatat ada 60 Perwira tinggi yang dimutasi itu terdiri dari 31 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL, dan 16 Pati TNI AU.

Jeffry menggantikan seniornya Letjen Agus Rokhman, yang digeser ke Mabes TNI dalam rangka persiapan pensiun. Sebelumnya, Jeffry juga menggantikan Agus di Pangdam Pattimura.

Posisi Pangdam Pattimura selanjutnya akan diisi oleh Mayjen Bambang Ismawan yang saat ini masih menjabat Asintel KSAD.

Jabatan yang ditinggal Bambang, akan diisi oleh Mayjen Suko Pranoto, yang kini masih menjabat sebagai  Wairjenad. Suko sendiri pernah bertugas di Ambon sebagai Pangdam Pattimura.

Jeffy tercacat sebagai putera Maluku ketiga di tubuh TNI yang berpangkat jederal bintang tiga. Jauh sebelumnya ada nama Letjen Leo Lopulissa yang saat itu menjabat Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) III di Makassar dan Letjen Suaedy Marasabessy sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Satu lagi anak Maluku yang punya karir cemerlang di TNI adalah George Toisuta. Jenderal empat bintang itu terakhir memegang jabatan Kepala Staf TNI AD (KSAD), sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011, pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain Jeffry, Panglima TNI juga menunjuk Kolonel Marinir Said La­tuconsina, sebagai Komandan Lan­tamal IX Ambon. Sebelumnya putra Hatuhaha dari Negeri Pelauw itu menjabat sebagai Wakil Komandan Lantamal IX Ambon. Dengan demikian Said akan menyandang pangkat Brigadir Jenderal.

Said, berasal dari Korps Marinir dan alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan-38 tahun 1992. (S-32)