AMBON, Siwalimanews – Rotasi terhadap se­jum­lah pejabat di lingku­ngan TNI-AD kembali ter­jadi. Kali ini  Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjah­janto melakukan rotasi tersebut, salah satunya Pangdam XVI Pattimura dari pejabat lama Mayjen TNI Agus Rohman kepada pejabat baru Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin.

Putra Maluku dari Kepulauan Kei itu ditunjuk menjabat Pangdam XVI Pattimura menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang belum setahun menjabat Pangdam XVI Pattimura.

Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam ini diberikan tanggung jawab baru mengawaki Kodam XVI/Pattimura beradasarkan Surat Telegram Panglima TNI Selasa, 23 Februari 2021.

Mayjen TNI Agus Rohman selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Pangkogabwilhan III. Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura, Kolonel Arm Stefie Nuhujanan yang dikonfirmasi semalam membenarkan mutasi tersebut.

“Iya benar ada mutasi pergantian Pangdam. Mutasi itu baru saja hari ini (kemarin-red). Penggantinya Mayjen Jeffry Rahawarin,” ujar Kapendam.

Baca Juga: Kemhan Restui Revitalisasi Benteng Victoria

Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin lahir di Ambon, 21 Januari 1964 atau saat ini berusia 55 tahun. Putra Kei itu adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 20 Desember 2018 mengemban amanat sebagai Asdep Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam.

Rahawarin, lulusan Akmil 1988 ini berpengalaman dalam Infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini ini adalah Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Kemenkopolhukam.

Berikut ini riwayat jabatan Rahawarin diantaranya Dandim 0405 Lahat, Asintel Kasdam II Sriwijaya (2010). Kepala Bidang Pemilu Legislatif dan Presiden-Wakil Presiden pada Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenkopolhukam (2012). Asdep Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenkopolhukam (2018). Asdep Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam (2018) dan di tahun 2020-2021, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Kemenkopolhukam. (S-32)