AMBON, Siwalimanews – Pusat Komunikasi Daerah Maluku menggelar pelatihan manejerial Lembaga Dakwah Kampus (PMLDK) yang diikuti oleh 36 pengurus Lembaga Dakwah Kampus (LDK).

36 pengurus yang mengikuti pelatihan ini tergabung dalam Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Maluku.

6 LDK yang yang hadir yakni, LDK Al Ikhwan Universitas Pattimura Ambon, LDK Al Izzah IAIN Ambon, LDK Nur Izzah Politeknik Negeri Ambon, LDK Nursy SYifa Poltekkes Ambon, LDK Al- Fatih Universitas Darusallam Ambon, LDK El Baihast STIKes Maluku Husada Kairatu SBB.

Kegiatan tersebut berlangsung dibawah tema Optimalisasi Lembaga Dakwah Demi Mewujudkan Peradaban Kampus yang dilaksanakan  di Balai Diklat Pertanian Provinsi Maluku, 11 hingga 13 Februari.

Ketua Puskomda FSLDK Maluku Fathu Razak Rumaf dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas manajemen aktifis dakwah kampus, serta dapat mempererat silaturahmi antar LDK se-Maluku.

Baca Juga: Komisi I dan Polda Maluku akan Bahas Keluhan KPID

“PMLDK ini adalah kegiatan yg bertujuan untuk memberikan bekal kepada pengurus LDK dalam meningkatkan kualitas manajemen penyelenggaraan LDK, demi tercipta gerakan dakwah yang terarah sesuai dengan risalah manajemen dakwah kampus (RMDK),” ujar Fathu.

Ia juga minta agar para peserta dapat menjadi agent of change bagi peradaban dunia, serta berkomitmen mengisi pembangunan dan perdamaian, merawat dan memelihara kedaulatan bangsa, sesuai dengan UUD 1945 dan ideologi Pancasila, menuju Maluku yang lebih baik dengan menjunjung tinggi keadilan, menangkal terorisme dan mencegah kejahatan pemuda.

Untuk itu diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta mampu mengetahui kondisi internal dan memahami kondisi eksternal, karena apabila hal itu tidak terjadi, maka LDK akan salah mengambil kebijakan, sehingga salah merencanakan strateginya.

“Dengan begitu, maka LDK tidak akan pernah menemui yang namanya cita-cita, yakni mewujudkan masyarakat kampus yang madani,” tandasnya.

Selain itu, Fathu juga berharap kepada para peserta yang merupakan aktifis kampus agar mampu menjadi leader dan teladan yang baik dikampusnya masing-masing. (S-21)