AMBON, Siwalimanews – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi serta percepatan digitalisasi di Maluku, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku menggelar moluccas digifest 2024 yang berlangsung di Pattimura Park, Kota Ambon, 7 hingga 8 Maret.

Kepala BI Maluku Rawindra Ardiansah dalam sambutannya mengatakan, pentingnya digitalisasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini, sebab dengan sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemda, regulator, kementerian/lembaga, perbankan, pelaku usaha, dan seluruh pihak terkait, menjadi key driver dalam mewujudkan integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Moluccas digifest 2024 merupakan bukti nyata peran Kantor BI Maluku dalam integrasi dimaksud. Baik melalui elektronifikasi bantuan sosial, transportasi dan transaksi pemda.

“Gelaran hari ini juga menandai selebrasi kick off kartu kredit Indonesia Pemkot Ambon, elektronifikasi pembayaran parkir kendaraan di Bandara Pattimura, Desa siap QRIS di Negeri Rutong, dan penerapan kurikulum CBP rupiah di Maluku,” ungkapnya.

Pelaksanaan moluccas digifest ini, akan menghadirkan ragam kegiatan dan diskusi sebagai bagian dalam menyongsong festival ekonomi keuangan digital2024 dan sebagai upaya dalam memperluas penggunaan QRIS, edukasi literasi perlindungan konsumen dan cinta bangga paham rupiah serta meningkatkan keuangan inklusif akan dilaksanakan berbagai macam acara.

Baca Juga: Rapat Pleno KPU Ambon Kembali Molor

Gubernur Maluku yang diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syuryadi Sabirin mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BI melalui blue print sistem pembayaran 2025 yang telah mensinergikan ekonomi  keuangan digital.

Diketahui, moluccas digifest 2024 juga menghadirkan experience pembayaran digital oleh perbankan, pojok layanan dan konsultasi bersama OJK, serta showcase 28 UMKM binaan dan mitra BI Maluku, baik untuk fashion, food dan kriya  yang menyediakan kanal pembayaran non tunai QRIS untuk mendorong UMKM naik kelas serta mengakselerasi digitalisasi di Maluku.(S-25)