BULA, Siwalimanews – Untuk mempromosikan produk- produk daerah, maka anak-anak muda yang tergabung dalam Pesiar Foundation akan menggelar festival ekonomi kreatif yang akan diramaikan oleh kurang lebih 50 UMKM.

Fastival yang akan berlangsung Minggu (13/8) tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dan Pesiar Foundation dengan tujuan untuk menggiatkan kembali ekonomi kreatif dan UMKM di bumi Ita Wotu Nusa itu.

Puluhan UMKM yang akan hadir dalam fastival ini berasal dari Kecamatan Teor, Gorom Timur dan Kilmury. Untuk kecamatan lainnya, pihak panitia sudah berkoordinasi, namun tak direspon.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemkab, khususnya Bupati SBT pak Abdul Mukti keliobas yang sangat memperhatikan terkait dengan ekonomi kreatif,” ucap Ketua Pesiar Foundation SBT Reza Waraiya kepada wartawan di Bula, Jumat (11/8).

Kegiatan yang akan dipusatkan di lapangan Pancasila Kota Bula ini kata Reza, seharusnya digelar pada, Kamis (10/8) namun dimundurkan nanti pada Sabtu (12/8) dan akan berakhir pada, Kamis (17/8). Festival ini direspon dengan baik oleh pemkab, bahkan para pimpinan OPD diinstruksikan bupati untuk menyukseskan festival ini.

Baca Juga: Kombes Ibrahim Resmi Jabat Kapolresta Ambon

Dalam festival ini juga Pemkab SBT melalui seluruh OPDnya melaksanakan pameran pembangunan dengan memamerkan capaian atau hasil pembangunan selama masa kepemimpinan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur selaku Bupati dan Wakil Bupati SBT.

Kegiatan ini, akan dihadiri Deputi I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Dengan kehadiran pihak kementerian dalam festival ini diharapkan ada efek positif terhadap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten ini.

“Kemarin pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pak Sandiaga Salahudin Uno sudah memberikan ucapan lewat video, kebetulan beliau tidak sempat hadir dan memerintahkan Deputi 1 Ibu Diana akan hadir untuk membuka festival ini. Kita masih menunggu kordinasi dari pihak kementerian,” jelas Reza. (S-27)