AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku Michelle Tasane, mendorong agar ruas jalan Kepala Madang menuju Namrole Kabupaten Buru Selatan, ditingkatkan menjadi jalan nasional.

Dorongan ini disampaikan Tasane kepada Siwalimanews, Kamis (16/6) merespon adanya keluhan masyarakat terhadap kondisi ruas jalan yang beberapa waktu belakangan ini telah menyulitkan masyarakat.

“Salah satu masalah yang mesti menjadi perhatian bersama Pemda dan Pemprov terkait dengan ruas jalan Kepala Madang-Namrole yang memang status harus ditingkatkan menjadi jalan nasional,” ungkap Tasane.

Peningkatan status ruas jalan kabupaten menjadi nasional kata Tasane, perlu dilakukan agar mendapatkan anggaran yang cukup besar untuk dilakukan perawatan, sebab dengan APBD kabupaten dan provinsi yang kecil, tidak mungkin mengcover kerusakan jalan dimaksud.

Akibatnya, masyarakat yang ada disepanjang ruas jalan tersebut masih terisolasi dengan akses jalan yang tidak layak, apalagi ketika terjadi perubahan musim masyarakat sangat kesulitan, bahkan tidak dapat melintasinya.

Baca Juga: Usai Pengawasan, DPRD Tetapkan Empat Ranperda

Menurutnya, jika ruas jalan Kepala Madang-Namrole telah menjadi jalan nasional, maka Balai Pelaksana Jalan Nasional Maluku dapat melakukan pembangunan maupun perawatan, sehingga mempermudah akses masyarakat agar semakin sejahtera.

Sebagai wakil rakyat asal Buru Selatan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Komisi III yang membidangi infrastruktur, guna mendorong peningkatan ruas jalan dimaksud menjadi jalan nasional.

“Tentunya untuk menjawab permasalahan ini, maka kita akan terus berkoordinasi dengan Komisi III guna mendorong peningkatan ruas jalan tersebut,” janji Tasane. (S-20)