AMBON, Siwalimanews – Kombes Adryano Andri Ibrahim resmi memangang tongkat komanda Kapolresta Ambon dan Pulau-pulau Lease menggantikan Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora.

Pergantian posisi strategis di lingkup Polda Maluku ini ditandai dengan upacara serah terima jabatan yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif di Gedung Sport Center Mapolda, Kamis (10/8).

Sertijab Kapolresta Ambon dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor KEP/942/VII/ 2023 tanggal 21 Juli 2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Kapolresta Ambon yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora, kini resmi dijalankan oleh Kombes Pol Adryano Andri Ibrahim yang sebelumnya menjabat Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasda Polda Maluku. Sementara Kombes Arthur diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri.

Kapolda Maluku dalam arahannya mengungkapkan, kegiatan yang digelar ini merupakan bagian dari tindak lanjut Kapolri untuk pembinaan karir bagi personil Polri. Mutasi atau rotasi dalam jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa. Ini juga merupakan dinamika dalam pembinaan karir dan penyegaran.

Baca Juga: Jelang Akhir Jabatan, Janji Pindahkan Ibu Kota tak Kunjung Terealisasi

Menurutnya, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease merupakan barometer atau tolak ukur di Lingkungan Polda Maluku, sebab Polresta Ambon adalah Polres yang memiliki karakteristik kerawanan yang cukup tinggi dan perlu diantisipasi bersama.

“Polresta Ambon juga merupakan tampilan cerminan barometer dan etalase dari satu kesatuan di daerah kesatuan masing-masing,” ucap Kapolda.

Kepada Kombes Arthur, Kapolda menyampaikan terima kasih karena telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Kapolresta Ambon, kurang lebih satu tahun dan tujuh bulan. Ucapan yang sama juga disampaikan Kapolda kepada Istri Kombes Arthur yang sudah mendampingi suaminya tersebut selama ini.

Kapolda juga menyampaikan selamat kepada Kombes Ibrahim yang menjabat sebagai Kapolresta Ambon yang baru, sekaligus berharap setelah diberikan amanah tersebut, Kombes Ibrahim dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaannya.

“Segeralah menyesuaikan diri, karena Polresta Ambon memiliki etalase dan karakteristik dimana ketika Ambon ini tertib dan kondusif, maka wilayah-wilayah lain di Polda Maluku akan terkendali dengan aman,” pinta kapolda.(S-10)