AMBON, Siwalimanews – PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon bekerjasama dengan BNN Provinsi dan Polda Maluku, menyelenggarakan sosialisasi dan diskusi terkait penanggulangan narkoba kepada stakeholder bandara, Kamis (24/2).

Sosialisasi yang dimulai dengan penyampaian materi dan penyuluhan penanggulangan narkoba oleh Kepala BNNP Maluku Brigjen Rohmad Nurhasid, yang dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab.

PT Angkasa Pura juga akan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dengan BNNP Maluku, Polsek Kawasan Bandara Pattimura serta Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai Ambon.

Kerjasama dimaksud akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan peningkatan kompetensi untuk mendeteksi dan mengidentifikasi narkoba bagi personel Aviation Security PT Angkasa Pura I.

Menjelang penutupan kegiatan Airport Security Committee (ASC) meeting ke-1, dilaksanakan kegiatan random check urine dan air liur (Rapid test Narkoba-red) kepada stakeholder Bandara Internasional Pattimura, yang hasilnya secara keseluruhan negatif atau bebas dari narkoba.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Hambat Proses Pencarian Korban

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut, merupakan salah satu bentuk komitmen nyata dari PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon dalam mendukung upaya penanggulangan narkoba di Provinsi Maluku serta sebagai bentuk penanggulangan, sehingga kasus oknum pegawai PT Angkasa Pura Suport berinisial MST yang bertugas sebagai tenaga outsourcing di bandara tidak terulang.

“Saya mewakili manajemen menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para anggota komite yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini,” tandas GM PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon, Pribadi Maulana disela-sela kegiatan tersebut.

Dengan dicanangkannya kegiatan ini kata Maulana, akan menjadi semangat dan motivasi bagi semua untuk berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan tugas melayani pengguna jasa kebandarudaraan dalam kaitannya dengan operasional penerbangan.

Sementara itu, Kepala BNN Maluku Brigjen Rohmad Nursahid, menambahkan, kegiatan hari ini adalah sosialisasi untuk mengingatkan tentang bahaya narkotika.

Untuk itu diharapkan, semua orang berani menolak apabila ada yang mengajak, kemudian kalau sudah terlanjur untuk menyalahgunakan narkoba, maka berani untuk melakukan rehabilitasi diri.

“Berani tolak, berani rehab dan berani lapor,” tandas Nursahid

Menurutnya, PT Angksa Pura tidak hanya fokus pada keselamatan penerbangan, namun barang bawaan yang dibawa yang dirasa mencurigakan, juga perlu diperhatikan. (S-21)