AMBON, Siwalimanews – Partai Solidaritas Indonesia Kota Ambon membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Ketua Penjaringan Bacalon kepala daerah PSI Kota Ambon Steven Tulalesy kepada wartawan di Sekretariat partai tersebut, Kamis (2/5) kemarin mengaku, proses pendaftaran bacalkada ini sudah dibuka sejak 1 Mei dan akan ditutup pada 14 Mei.

Proses ini, awalnya telah dilaunching secara nasional oleh DPP sejak bulan Maret kemarin. Untuk itu, Pengurus PSI Kota Ambon membentuk panitia penjaringan untuk menjalankan insytruksi DPP dimaksud.

“Saya selaku ketua, William Mairuhu selaku wakil, dan sekretaris Priska Yulianti Wanda. Prinsipnya proses ini dibuka untuk umum dan akan dilakukan secara transparan serta tanpa mahar,” jelas Tulalessy.

Prinsipnya kata Tulalessy, proses penjaringan ini akan dilakukan sesuai ketentuan sampai pada seleksi berkasnya. Sedangkan hal yang berkaitan dengan rekomendasi, itu menjadi keputusan DPP berdasarkan hasil survei terhadap masing-masing kandidat.

Baca Juga: Lima Komisioner KPU Aru Dituntut Dua Tahun Penjara

“Sekedar informasi saja, bahwa sesuai instruksi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, bahwa semua calkada yang direkomendasikan PSI, nantinya saat kampanye akan dihadiri langsung oleh ayah dari Ketua umum pak Joko Widodo,” ujarnya.

Sekedar diketahui, pasca dibukanya pendaftaran, oleh PSI, Bodewin M Wattimena menjadi orang pertama yang mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Walikota Ambon. Pengambilan formulir itu diwakili oleh tim relawannya.(S-25)