AMBON, Siwalimanews –  Ratusan sopir angkot trayek Kudamati-Terminal Mardika kini punya pemimpin baru masa bhakti 2023-2028.

Persatuan Sopir Angkot jalur Kudamati resmi dijabat oleh Agus Hahua pasca dilantik oleh Kadis Perhubungan Ambon, Robby Sapulette belum lama ini.

Kadishub Ambon Robby Sapulette mengaku kepengu­rusan PSA trayek Kudamati merupakan representatif dari 162 anggota supir angkot yang beroperasi di jalur tersebut.

“Untuk itu perlu saya ingatkan lagi, segala sesuatu yang ada di jalur ini bisa diatur oleh pengurus yang ada,” pinta Sapulette.

Dinas Perhubungan menurutnya tidak akan berurusan dengan orang perorang dalam mengurusi jalur Kudamati.

Baca Juga: Usai Belajar di Sumedang, Pemkot Bakal Balik Lagi

Untuk itu ketika ada masalah terkait dengan jalur hanya mempercayakan kepada pengurus jalur yang telah dipilih guna dicari penyelesaiannya.

“Tidak bisa datang orang per orang lagi ke Dishub, tapi pengurus yang datang sampaikan aspirasi, sama halnya jika ada masalah dengan angkot,” terangnya.

Ia juga minta kepada, seluruh Kudamati untuk mempercayakan rekan-rekan pengurus yang telah dikukuhkan, jangan sampe terjadi penghianatan dengan membuat gerakan-gerakan tambahan diluar dari itu.

“Tugas dan tanggung jawab pengurus jalur adalah melayani masyarakat,” tegasnya.

Dirinya juga meminta kepada Asosiasi Sopir Angkutan Kota (ASKA) Ambon dapat memasu­kan juga pengurus jalur Kuda­mati. “Saya minta pengurus ASKA untuk kiranya dapat menga­komodir pengurus jalur Kudamati masuk isi kekosongan kepengurusan ASKA,” harapnya.

Sementara itu Ketua ASKA Paulus Nikijuluw menambahkan organisasi yang dipimpinnya merupakan keterwakilan dari semua jalur yang ada di Kota Ambon. “Saya ajak kita semua untuk bergandang tangan mem­-bangun ASKA. Saya berharap teman-teman di jalur Kudamati juga taruh harapan yang sama untuk pengurus yang baru dikukuhkan ini,” ucapnya. (S-25)