AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku, Anos Yermias meminta kepada Pemprov Maluku untuk memprioritaskan program pembangunan rumah bagi warga miskin di daerah tenggara raya.

“Pemprov melalui Bappeda harus memperhatikan warga di tenggara raya melalui program perumahan bagi masyarakat miskin,” tandas Anos kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Senin (31/5).

Pasalnya kata Anos, salah satu indikator tingkat kemiskinan Maluku yang masih tinggi sampai saat ini, dapat dilihat dari tingkat perumahan masyarakat yang masih miskin dan tidak layak untuk dihuni.

“Bagaimana mau menurunkan angka kemiskinan, kalau perumahan masyarakat tidak diperhatikan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam agenda pengawasan baik di MBD, KKT, Malra, Kota Tual dan Kabupaten Aru diketahui penyumbang angka kemiskinan tertinggi, ternyata rata-rata dikarenakan perumahan masyarakat di sana cukup memprihatinkan.

Baca Juga: Wabub Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Karena itu, Bappeda dalam perencanaan APBD kedepan, harus memprioritaskan kebijakan bagi perbaikan rumah-rumah masyarakat miskin di sana.

Apalagi salah satu visi Gubernur Maluku adalah, menurunkan angka kemiskinan di daerah ini. Untuk itu program perumahan masyarakat miskin ini, perlu dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, agar bisa mendukung terwujudnya penurunan angka kemiskinan. (S-50)