AMBON, Siwalimanews – Tepat hari ini institusi kepolisian di Indonesia memperingati HUT Bhangkara ke-75. Polda Maluku sendiri memperingati HUT Bhayangkara secara virtual di ruang rapat utama, Kamis (1/7).

Pada HUT Bhayangkara kali ini Presiden RI Joko Widodo memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Polri termasuk Polda Maluku untuk terlibat aktif dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Saya minta jajaran Polri untuk terus aktif mendukung kebijakan jajaran pemerintah dalam penanganan Covid-19,” pinta Presiden dalam sambutannya pada ucapara HUT Bhayangkara ke-75 di Istana Negara.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan Polri agar tidak lengah dalam menjalankan tugas-tugas pokok kepolisian.

“Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, dan penegakkan hukum. Polri jangan pernah lengah dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” pinta Presiden dalam sambutannya pada ucapara HUT Bhayangkara ke-75 di Istana Negara.

Baca Juga: Dosen Fisip Unpatti Resmi Dilaporkan ke Polisi

Orang nomor 1 di Indonesia ini, meminta anggota Polri agar berpacu menguasai IPTEK agar tidak kalah dengan para pelaku kejahatan yang memberikan ancaman dan ketidaknyamanan masyarakat secara online.

Presiden juga meningistruksikan agar  kewenangan didukung oleh perkembangan teknologi yang mutakhir.

“Untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan saat ini perlunya peningkatan SDM polri yang unggul dengan memperhatikan secara serius sistem rekrutmen, pendidikan, dan promosi jabatan yang dilakukan secara transparan dan akuntabel, guna mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugas polri serta harus menguasai perkembangan IPTEK terbaru,” ujar Presiden.

Selain itu, dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, Jokowi meminta Polri membenahi dan memperkuat manajemen kelembagaannya, membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung polri yang modern.

Untuk diketahui, upacara HUT Bhayangkara itu turut dihadiri Gubernur Maluku, Kasdam Pattimura, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua DPRD, Wakapolda serta Irwasda. (S-45)