AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon memastikan dalam waktu dekat ini akan mengundang Kepala BPBD untuk mempertanyakan sejauh mana progres pencairan dana gempa tahap II kepada masyarakat yang belum mendapatkannya.

Pasalnya, sampai dengan saat ini masyarakat korban gempa tahun 2019 lalu ada yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

“Bantuan gempa tahap II belum juga direalisasikan kepada masyarakat terdampak gempa dan kini jadi polemik, untuk itu DPRD berencana akan undang BPBD untuk pertanyakan hal itu,” ungkap Anggota Komisi DPRD Kota Ambon Christianto Laturiuw kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (30/11).

Padahal kata Laturiuw, BPBD seharusnya menjelaskan persoalan ini kepada DPRD maupun masyarakat, terkait dengan alasan keterlambatan pencairan dana tersebut.

Namun kenyatannya, hingga saat ini belum juga ada kejelasan soal bantuan tersebut untuk tahap dua yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Fraksi Gerindra Minta Honor Guru Kontrak Dinaikan

“Masyarakat korban gempa sendiri selalu mendatangi DPRD untuk tanyakan kapan bantuan dana itu akan disalurkan, apa sih sebenarnya kendala yang terjadi, masa dari tahun 2019 sampai sudah mau akhir tahun 2021 belum juga diselesaikan,” tandas Laturiuw.

Ia berharap, nantinya saat rapat bersama BPBD dapat memberikan penjelasan sejauh mana progres penyaluran bantuan tersebut serta kendala apa saja yang dihadapi hingga saat ini. (S-51)