AMBON, Siwalimanews – Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dalam mengontrol jalannya aktivitas masyarakat Kota Ambon dalam bulan Ramadhan ini menyelenggarakan kegiatan Operasi ketupat.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Leo Suraya Nugraha Simatupang kepada wartawan Jumat (8/5)  menjelaskan, dalam operasi ketupat ini, pihak Polresta telah memasang sembilan pos pengamanan, dengan jumlah personil sebanyak 212 anggota kepolisian untuk pengamanan operasi ketupat sampai dengan sholat ied nanti.

“Ada 9 pos terdiri dari ada 6 pos di wilayah Kota Ambon, kemudian ada 3 yang berada di Pulau-Pulau Lease,” rinci Simatupang.

Simatupang menjelaskan,  pihaknya tengah melaksanakan operasi ketupat hingga 37 hari ke depan.

“Operasi ketupat sudah berjalan sejak 24 April sampai dengan H-7 lebaran nanti,” kata Kapolresta.

Baca Juga: Gonga Salurkan Bantuan Safari Ramadhan

Aparat keamanan berserta pemeritah, terus melakukan langkah antisipasi menjelang perayaan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, mulai dari pemantauan sembako hingga keamanan.

Kapolresta juga berharap agar warga masyarakat Kota Ambon dalam melaksanakan ibadah puasa agar tetap mengikuti peraturan pemerintah terkait Pandemi Covid-19.

“Harapan kami kepada masyarakat dalam hal ibadah, khususnya di bulan Ramadhan dan nantinya Idul fitri tentunya dapat mengikuti apapun keputusan, arahan dari pemerintah. Selama apa yang dianjurkan itu baik demi keselamatan kita semua, kami harapkan masyarakat dengan sukarela, dengan ikhlas mau melaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan sholat ied nantinya direncanakan di lapangan Merdeka Kota Ambon, dengan tetap mematuhi anjuran jaga jarak.

“Makanya nanti kita lihat kedepannya seperti apa kebijakannya, jika ada PSBB atau tidak, dengan sholat ied nanti kita akan sesuaikan, tentunya kuncinya satu untuk menghindari penyebaran Covid-19 yaitu gunakan masker dan sosial distancing. Akan ada pengaturan lebih lanjut,” jelasnya. (Mg-7)