BULA, Siwalimanews – Kepolisian Resort Seram Bagian Timur siap menjalankan Operasi Lilin Salawaku 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024.

Kesiapan itu ditunjukan dengan digelarnya apel gelar pasukan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023 yang dipimpin Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho di lapangan upacara Mapolres SBT, Kamis (21/12)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan kapolres mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024  dapat berjalan dengan optimal.

Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, maka dipastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

“Pada pengamanan perayaan malam tahun baru dilakukan pengamanan pada setiap kegiatan keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Selain itu,  lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi bahan peledak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman,” pinta Kapolri.

Baca Juga: Diduga Cabuli Siswanya, Rumalowak Minta Kepsek Terbitkan SK Pemberhentian

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas pengamanan Operasi Lilin 2023 Kpaolri juga minta agar, optimalkan fungsi command center yang di lengkapi CCTV saat di lapangan, agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, serta personel di lapangan dapat bekerja secara terpadu.(S-27)