AMBON, Siwalimanews – Wakil ketua DPRD Maluku Asis Sangkala mendesak aparat kepolisian untuk segera melakukan sweeping terhadap kepemilikan senjata api ditengah-tengah masyarakat.

Desakan ini disampaikan langsung Sangkala kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (16/2) merespon kejadian penembakan misterius yang terjadi di Pulau Haruku belakangan ini.

Menurutnya, sejak kejadian konflik sosial antara Negeri Kariu dan Dusun Ori Negeri Pelauw beberapa waktu lalu, Kapolda Maluku telah mensinyalir adanya kepemilikan senjata api yang masih beredar, baik rakitan maupun organik ditengah-tengah masyarakat.

“Pasca konflik Kariu dan Ori kemarin Kapolda telah mensinyalir adanya peredaran senjata api ditengah-tengah masyarakat dan saudara Kapolda telah menaruh perhatian ekstra terhadap permasalahan ini,” ungkap Sangkala.

Menurutnya, komitmen Kapolda Maluku untuk memberantas peredaran senjata api ditengah-tengah masyarakat pasca konflik, harus benar-benar dilakukan dalam bentuk sweeping dan diamankan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: MA Tambah Hukuman Idris Rolobessy Jadi 13 Tahun

Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat di Maluku, walaupun masyarakat Maluku saat ini telah memiliki begitu besar kesadaran dan sangat dewasa dalam menyikapi konflik.

Namun, aparat kepolisian harus memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan jalan menyita senjata-senjata api yang saat ini beredar ditengah-tengah masyarakat.

“Yang pasti kita berharap komitmen Kapolda untuk menyita senjata api dapat dilakukan agar memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tegasnya. (S-20)