AMBON, Siwalimanews – Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku menggelar upacara penutupan dan pelantikan 150 anggota Bintara Polri gelombang I tahun 2022. Upacara penuntupan dan pelantikan Bintara Polri ini dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (7/7).

“Selamat kepada para Bintara dan Tamtama remaja yang dilantik menjadi anggota Polri hari ini. Mulai hari ini pada diri Bintara dan Tamtama yang dilantik, sudah tertanam kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Abdi Negara,” ucap Kalemdilklat Polri Komjen Ricko Amelza Dahniel dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda.

Seluruh Bintara dan Tamtama kata Kalemdiklat, harus siap ditempatkan disemua satuan dan jajaran Polri dengan semangat dan motivasi untuk senantiasa memberikan dharma bakti kepada institusi Polri.

“Selamat kepada para orang tua yang anaknya dilantik jadi anggota Polri hari ini, doa dan dukungan bapak/ibu sekalian merupakan dorongan spritual yang akan terus menjadi faktor keberhasilan anaknya dalam menyelesaikan pendidikan dan menjalankan tugas sebagai anggota Polri ke depan,” ujarnya.

Kalemdiklat juga minta personel Polri harus mampu beradaptasi dan terus belajar meningkatkan kemampuannya, dimana kemajuan teknologi menuntut masyarakat menjalani kehidupan berbeda di era 4.0 yang cepat tanpa batas saat ini.

Baca Juga: Bencana Masih Mengintai, Walikota Minta Masyarakat Tetap Waspada

Selain itu setiap personel juga harus dapat memegang teguh, serta mengamalkan nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara. Untuk itu diharapkan, agar para personel selalu membangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergitas dengan TNI maupun pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa untuk pemeliharaan kamtibmas yang kondusif.

“Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk membangun diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan jaman. Karena Polisi adalah kita, maka jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat bangsa dan negara,” pintanya.

Usai membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Kapolda Maluku berpesan kepada 150 Bintara Polri yang baru dilantik agar jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat saat bertugas. Selain itu tidak boleh melakukan pelanggaran disiplin, apalagi pelanggaran pidana.

“Hindari semua perbuatan tercela yang pada akhirnya kalian akan dipecat dengan tidak hormat. Saya minta kepada para orang tua agar selalu ingatkan anaknya agar menjadi polisi yang baik, polisi yang dicintai rakyat, karena perjalanan tugas dan karir mereka masih panjang,” pinta Kapolda. (S-10)