AMBON, Siwalimanews – Sebanyak enam pelaku pen­curian di Pasar Mardika Keca­matan Sirimau Kota Ambon ber­hasil diringkus aparat kepo­lisian. Ini membuktikan komit­men jajaran Polda Ma­luku membantu Pemerintah Kota Ambon bersih-bersih pem­buat onar di pasar tersebut.

Disisi lain langkah ini se­bagai upaya kepolisian mem­berikan rasa aman bagi warga khususnya yang beraktivitas di kawasan Pasar Mardika. Bukan hanya pelaku pencu­rian tetapi aksi premanisme lainnya juga menjadi per­hatian polisi dalam sepekan terakhir ini.

“Pemberantasan pelaku pencurian di pasar termasuk kawasan-kawasan lainnya di Ambon berdasarkan instruksi Kapolda Maluku. Dan selama sepekan ini sudah enam ter­sangka yang kami tangkap,” jelas Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoi­rat, Senin (20/2).

Para pelaku yang diaman­kan yakni ST (32), kasus pencopetan kalung emas, MAT (28) pencurian sepeda motor, AP (33) dan JS (42) kasus pencurian HP dan penadahnya yakni AM (42) dan KH (39).

Penangkapan enam pelaku ini dilakukan di sejumlah tempat dan waktu yang berbeda. Instruksi Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotha­-ria Latief saat ini menjadi landasan pihak keamanan untuk menjadikan Ambon aman dan damai.

Baca Juga: Berikan Rasa Aman, Pasar Mardika Bakal Dipasang CCTV

“Para pelaku ini ditangkap di sejumlah lokasi berbeda di Ambon sejak hari Sabtu (11/2) sampai dengan Rabu (15/2),” kata Ohoirat.

Tak hanya enam pelaku tersebut, polisi juga masih melakukan perburuan terhadap tiga orang pelaku pencurian lainnya. Identitas mereka sudah dikantongi.

“Untuk pelaku pencurian sepeda motor, ada tiga nama yang masih dalam perburuan yakni AT, AM, dan I,” beber Ohoirat.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di pasar Mardika, Ohoirat mengaku Kapolda telah menginstruksikan pendirian Pos Pengamanan (Pospam) Terpadu.

Pospam ini sudah didirikan setelah Kapolda dan Penjabat Walikota Ambon meninjau kawasan pusat perekonomian tersebut pada Jumat pekan kemarin.

“Semoga aktivitas di pasar Mardika dapat berjalan dengan aman dan tertib,” harap juru bicara Polda Maluku ini.

Selain memerintahkan untuk menangkap para pelaku kejahatan, Ohoirat mengaku, Kapolda Maluku juga mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling). Siskamling diminta ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kejahatan.

“Bapak Kapolda meminta masyarakat agar dapat tingkatkan siskamling dan cegah bersama kasus kejahatan, berikan info ke saluran yang telah diberikan, tidak perlu sebut nama atau identitas nanti tim kita yang akan chek dan klarifikasi,” pungkasnya.

Dirikan Pospam

Untuk diketahui, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif menegaskan pihaknya sudah mendirikan pos pengamanan di Pasar tersebut. Jenderal bintang dua itu berharap potret buram pasar yang selama ini dikenal rawan aksi kriminalitas itu, dapat berubah menjadi pasar yang aman, nyaman dan indah.

“Pospam sudah didirikan di Pasar Mardika. Kami berharap potret pasar Mardika yang dikenal rawan aksi kriminalitas seperti pencurian (jambret, copet), premanisme (pemalakan), pungli dapat berubah menjadi pasar yang aman, nyaman dan indah,” harap Kapolda Minggu (19/2)/

Selain untuk menjaga keamanan, kehadiran Pospam juga diharapkan dapat memudahkan komunikasi dan koordinasi antar petugas pengamanan dengan para pedagang maupun masyarakat.

“Saya juga telah perintahkan agar petugas keamanan terus lakukan patroli baik patroli terbuka ataupun tertutup serta melakukan deteksi dan cegah dini kejahatan di sana,” katanya.

Pasar Mardika, diharapkan menjadi pusat perdagangan atau perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Ambon, maupun secara umum di Maluku. Pasar kebanggaan masyarakat Kota Ambon ini juga harus menjadi simbol kerukunan dan kebersamaan semua komponen masyarakat di Maluku yang ingin membangun dan memajukan Maluku.

Kapolda mengajak semua komponen masyarakat agar dapat bersama-sama merubah potret buram pasar Mardika menjadi pasar yang bersih dan nyaman bagi siapapun.

“Mari juga kita jadikan pasar Mardika menjadi pusat kuliner karena lokasi pasar Mardika ini sangat strategis dan indah, di depannya ada pantai yang indah,” katanya.

Ia juga mengajak semua pihak, termasuk para pedagang dan masyarakat agar dapat bekerjasama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di pasar Mardika.

“Tindak tegas semua potensi kejahatan di sana, jangan ada lagi gaya-gaya sok paling jago dan memeras pedagang-pedagang di sana,” harapnya.(S-10)