AMBON, Siwalimanews – Puluhan personil gabungan dari Kepolisian Daerah Maluku terus dikerahkan untuk menghimbau mas­yarakat, khususnya di Kota Ambon, agar tetap taat protokol kese­hatan, Minggu (21/2).

Tim yang tergabung dalam Ope­rasi Aman Nusa II Polda Maluku itu, juga melakukan patroli kamtibmas, penjagaan tempat penyimpanan vaksin, pengaturan kemacetan lalu­lintas dan sterilisasi sejumlah ka­wasan dengan cara penyemprotan cairan disinfektan.

Personil gabungan yang dike­rahkan terdiri dari Satuan Brimob, Direktorat Samapta, Direktorat Binmas dan Bidang Humas Polda Maluku. Mereka menyasar sejumlah tempat rawan penyebaran virus pandemi tersebut di pemukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya di Ibukota Provinsi Maluku ini. “Kami senantiasa mengerahkan tim Operasi Aman Nusa II untuk menangani Covid-19,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Setiap personel yang diterjunkan, kata Rum, bertujuan untuk mem­bantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus pandemi di Ibukota Provinsi Maluku ini. “Kami berharap tim ini bisa mengamankan masyarakat baik dari sisi kamtibmas yang kondusif, juga mampu me­ngamankan kesehatan masyarakat dari bahaya Covid,” harapnya.

Untuk diketahui, tim penyem­protan cairan disinfektan berasal dari Subden III KBR  Detasemen Gegana Satbrimob Polda Maluku. Tim ini dipimpin perwira pengendali Iptu A. Manulang.

Baca Juga: Miras di Bawah JMP, Sekelompok Pemuda Dibubarkan Polisi

Lokasi penyemprotan hari ini mulai dari kawasan pemukiman penduduk, maupun fasilitas umum. Di antaranya Kawasan Jln. Kapten Piere Tendean, Pelabuhan Ferry Galala, Pemukiman Galala, Lapak Pedagang Galala, Pertokoan Galala, Alfamidi dan Indomaret Galala, JPO Jln. Jendral Sudirman, Dinas kese­hatan provinsi Maluku dan Instalasi Farmasi Pemkot Ambon.

Sementara untuk personil Direk­torat Samapta di bawa pimpinan perwira pengendali AKP Titus Letfungun. Mereka melaksanakan patroli dan pengaturan arus lalulintas di beberapa jalur dan lokasi. Di antaranya Pasar Mardika, Pangkalan Ojek Pohon Pule, Pangkalan Ojek Rehobot, Pangkalan Ojek Waihaong, Pangkalan Ojek Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi, Pangkalan Speedboat Mardika, Pemukiman Air Salobar, OSM, Wainitu, Waringin, Talake dalam, Waihaong, Soabali dan Pe­rem­patan Masjid Alfatah.

Sampaikan Pesan

Pasukan Reaksi Cepat (PRC) Direktorat Samapta Polda Maluku, kembali dikerahkan, Minggu (21/2/2021). Kali ini mereka menyambangi tempat-tempat rekreasi untuk me­nyampaikan pesan tentang penting­nya menjaga Keamanan dan Ke­tertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Selain menyampaikan pesan Kamtibmas, tim yang bergerak menggunakan kendaraan sepeda motor ini juga mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah mewabahnya pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Maluku Kom­bes M. Rum Ohoirat, mengatakan, sejumlah kawasan yang menjadi fokus operasi hari ini yaitu tempat-tempat rekreasi. Seperti Pantai Natsepa 1 dan 2 di Kawasan Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupa­ten Maluku Tengah dan Mall Ambon City Center (ACC), Desa Passo, Kecamatan Bagual, Kota Ambon.

Di setiap tempat-tempat rekreasi ter­sebut, para personil PRC ini mene­mui para security, serta para pengun­jung. Mereka mengingatkan tentang keselamatan, baik dari kecelakaan maupun terkait penularan Covid-19.

“Para personil meminta security untuk memperhatikan keselamatan pengunjung. Juga diharapkan setiap pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menjauh dari kerumunan,” kata Rum.

Tim reaksi cepat ini juga ber­diskusi dengan masyarakat. Selain menyampaikan pesan kamtibmas, mereka juga menghimbau warga agar dapat bersama membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19.

“Sasaran patroli yang senantiasa dilakukan yakni kegiatan masya­rakat, perkumpulan masyarakat, daerah rawan gangguan kamtibmas dan pelanggaran/kejahatan yang ditemukan,” terangnya. (S-32)