AMBON, Siwalimanews  – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Per­ta­nahan Nasio­nal, Sur­ya Tjandra dijad­walkan hari ini, Jumat (19/2), melakukan kun­jungan kerja ke Ma­luku.

Wa­men berada di Maluku selama enam hari dan akan mengunjungi sejumlah kabupaten dan kota diantara­nya Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kota Ambon.

Karo Humas dan Protokol Setda Ma­luku, Melki Lohy yang dikonfirmasi kepada Siwalima menjelaskan, kalau ada sejumlah agenda yang sudah disiapkan dalam kunjungan Wamen ART/BPN.

“Cukup lama beliau di Maluku dan akan mengunjungi sejumlah desa di tiga kabupaten dan satu kota terkait dengan reforma agraria serta memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat,” ujar Lohy.

Dirinya menjelaskan, wamen tiba di Bandara Internasional Patimura Kota Ambon pukul 07.00 WIT de­ngan mengunakan pesawat ko­mer­sial. “Kedatangan wamen rencana­nya akan disambut Gu­bernur Mal­uku, Murad Ismail, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Ma­luku Irjen Refdi Andri, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Rorogo Zega, Sekda Maluku Kasrul Selang dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku.

Baca Juga: Lantik Pejabat Eselon II Tanpa Fit and Proper Test Cacat Prosedur

Dijelaskan, setelah beristirahat, rom­bongan akan menuju ke Du­sun Seri, Desa Nusaniwe, Keca­ma­tan Nusaniwe pukul 10.00 WIT. Disini Wamen ART/BPN akan me­ninjau kampung reforma Dusun Seri.

Setelah dari kampung reforma Dusun Seri, pukul 13.00 WIT rom­bongan akan menuju ke kanwil ATR/BPN Maluku dan melakukan perte­muan terkait dengan gugus tugas reforma agraria.

“Ada juga makan malam di kediaman pribadi gubernur Maluku di Poka pada pukul 20.00 WIT ber­sama dengan pimpinan OPD Provinsi Maluku,” jelas Lohy.

Pada hari Sabtu (20/2), Wamen ART/BPN bergerak menuju ke Pelabuhan Waipirit pukul 06.15 WIT. Dengan menggunakan kapal ferry, rombongan akan menuju ke Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB).

Usai melakukan pertemuan dengan bupati dan forkopimda kabupaten SBB, pukul 11.15 WIT, rombongan akan menuju ke Balai Desa Taniwel.

“Pa wamen akan menyerahkan sertifikat redustribusi tanah 2020 kepada masarakat Taniwel,” jelas Lohy.

Dari Desa Taniwel, rombongan wamen ART/BPN menuju ke desa Saleman, Kabupaten Maluku Te­ngah. Tiba di desa Saleman pukul 17.35 WIT, rombongan kemudian menggunakan speed boat menuju ke Rumah Olat, Desa Sawai untuk menginap.

Pada hari minggu (21/2) rom­bongan melanjutkan perjalanan ke Desa Waimulal Kabupaten Maluku Tengah. Wamen ART/BPN akan mengunjungi Kampung Reforma Desa Waemusal.

Pukul 14.15.WIT, rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Waketan Baru Kabupaten Seram Bagian Timur. Rombongan tiba pukul 16.00 WIT dan meninjau kam­pung reforma Desa Waketan. Dari situ, rombongan dengan kendaraan menuju ke Pendopo Bupati Seram Bagian Timur untuk menginap.

Pada hari Senin (22/2), wamen ART/BPN dan rombongan melaku­kan perjalanan menuju Kantor BPN Kabupaten SBT dan mela­kukan rapat koordinasi dengan gu­gus tugas reforma agraria dan dilanjutkan dengan makan siang.

Sekitar pukul 10.00 WIT, rom­bo­ngan melakukan perjalanan darat menuju ke Kota Masohi. Rombo­ngan diperkirakan akan tiba pukul 15.00 WIT dan melakukan sila­turahmi ke Pendopo Bupati Maluku Tengah dan menginap.

Keesokan harinya, Selasa (23/2) pukul 08.00 WIT, rombongan menuju ke Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Maluku Tengah dan dilanjutkan dengan rapat koodinasi gugus tugas reforma agraria.

Usai makan siang, wamen ART/BPN melanjutkan perjalanan ke Desa Liang Awaya dan tiba pukul 12.00 WIT.

“Disini pak Wamen ARTBPN akan menunjau meninjau Hak Guna Usaha PT Perkebunan Nusantara (PT-PN) Wilayah XIV di Desa Liang Awaya,” terang Lohy.

Selanjutnya ada hari Rabu (23/2), Wamen ART/BPN akan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Auditorium Universitas Pattimura. “Kuliah umum akan berlangsung pada pukul 09.00 WIT. Dari Unpatti, Wamen ART/BPN dan rombongan akan makan siang dan melanjutkan perjalanan ke Bandara Internasional Pattimura dan kembali ke Jakarta. (S-39)