AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku kembali menggelar Duduk Bacarita Kamtibmas yang digelar di aula Command Center Mapolda, Kamis (30/7).

Duduk Bacarita Kamtibmas kali ini mengangkat tema: Peran Pemuda Dalam Upaya Memerangi Hoax Dalam Menjaga Harkamtibmas yang Kondusif di Wilayah Hukum Polda Maluku, turut di hadiri oleh Direktur Intelkam, Direktur Binmas dan Kabid Humas Polda Maluku.

Dihadapan para peserta Duduk Bacarita Kamtibmas, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, mengatakan, teknologi ibarat dua mata pisau, di satu sisi memiliki segi positif dan di sisi lain dapat melukai.

“Generasi muda sangat berperan dalam perkembangan teknologi dan media sosial, oleh karena itu generasi muda ini sangat potensial untuk dipegaruhi oleh berita hoax,” ujar Wakapolda.

Menurutnya, media sosial adalah sarana yang paling modern untuk menyampaikan pemikiran dan opini. Untuk menghindari hoax ada beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan generasi pemuda diantaranya tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, selain itu budayakan berinternet yang beretika, meningkatkan kualitas diri dan menjadi filterasi informasi.

Baca Juga: Kapolda: Amankan Gunung Botak Penuh Tanggung Jawab

“Di masa pandemic ini, Polri mendukung langkah pemerintah dalam penangan covid-19, khususnya dalam memasuki masa adaptasi kebiasaan baru dengan mengedepankan disiplin serta mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya. (S-45)