Basarnas Evakuasi ABK Kapal Permata Bunda

Alami Kerusakan Mesin

AMBON, Siwalimanews – Basarnas Ambon berhasil melakukan evakuasi terhadap ABK dan muatan dari KM Permata Bunda yang berlayar dari Ambon tujuan Pulau Manipa di Kanupaten Seram Bagian Barat.

Seluruh ABK dievakuasi oleh tim rescue Basarnas, lantaran kapal mereka mengalami mati mesin dan mereka terombang-ambing di perairan Tanjung Allang.

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi mengatakan KM Permata Bunda bergerak dari Ambon hendak menuju Pulau Manipa, namun diperjalanan kapal bermuatan semen dan 10 ABK ini mengalami mati mesin di sekitaran perairan Tanjung Allang.

“Kita ketahui kapal tersebut mengalami kerusakan berdasarkan laporan dari kapten kapal ini, pada Kamis (30/7),” ujar Djunaidi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (30/7).

Usai mendapat laporan, Tim Rescue Kantor SAR langsung dikerahkan menuju ke titik koordinat kapal untuk melakukan proses evakuasi.

“Waktu kejadiannya itu sekitar pukul 08.55 WIT, kalau kita terima info dari kapten kapal sekitar pukul  09.35 WIT, selanjutnya tim dikerahkan sekitar pukul 09.56 WIT menggunakan KN 235 Abimanyu menuju lokasi rusaknya kapal diperairan tanjung Alang tepatnya pada koordinat 3°47’32.00 “S – 127°56’26.00″E TTK,” jelas Djunaidi.

Tiba di lokasi Tim Rescue kemudian melakukan evakuasi terhadap 10 ABK kapal serta muatan. Sementara kapal ditowing menggunakan kapal nelayan menuju ke dermaga terdekat.

“Proses evakuasi berjalan lancar terhadap ABK dan muatan kapal itu dan 10 ABK dalam keadaan selamat, sementara kapal di tarik menuju ke dermaga lain,” jelasnya. (S-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *