AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku melakukan upacara pemuliaan nilai luhur Tribrata yang berlangsung di ruang rapat utama, Marko Polda Maluku, Rabu (23/6).

Upacara yang dipimpin Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes itu, merupakan tradisi yang digelar setiap menyongsong HUT Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada 1 Juli nanti.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohirat dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimsnews menjelaskan, upacara dimulai dengan penghormatan dan pencucian atau penyiraman Pataka.

Pencucian ini dilakukan untuk mensucikan nilai luhur Tribrata sebagai pedoman hidup Polri yang juga memiliki makna mengajak kembali anggota Polri kepada jati diri Polri yang suci dan murni sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

Baca Juga: Awal Juli Pemerintah Target 1 Juta Penduduk Divaksin Perhari

“Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata ini adalah salah satu tradisi Polri dalam rangka menyongsong HUT Bhayangkara yang dilaksanakan setiap tahunnya,” ucap Kabid.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut yakni Irwasda Maluku Kombes Raden Heru Prakoso, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku, serta para perwira menengah dan pertama yang ditunjuk. (S-45)