SAUMLAKI, Siwalimanews – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berada di Desa Lelengluan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulaua Tanimbar, menjadi proyek percontohan bagi daerah lain di Maluku.

Pasalnya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi VII DPR dan mitra terkait terhadap proyek ini, haislnya adalah, proyek PLTS yang terbaik ada di Desa Lelengluan. Untuk itu, PLTS Lelengluan akan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Maluku.

“Ini luar biasa, sebab PTS Lelengluan jadi contah bagi desa-desa lain di Maluku,” ucap Penjabat Bupati Tanimbar Daniel Indey kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/2).

Menurut bupati, PLTS Lelengluan dikatakan sebagai PLTS terbaik diketahui dalam rapat bersama antara Komisi VII DPR serta mitra terkait yang berlangsung di Kantor Bupati, pada Rabu (15/2) kemarin. Dalam pertemuan itu juga fokus pembahasan hanya seputaran proyek PLTS yang saat ini sementara dibangun di Tanimbar.

Dalam petemuan itu, pemkab  juga menyampaikan kendala yang terjadi pada PLTS yang tersebar di sejumlah kecamatan, seperti masalah panel atau baterei yang sudah tidak berfungsi lagi dan berdampak pada padamnya lampu.

Baca Juga: Fraksi Berkarya Desak Pemkab Aktifkan Kembali Tenaga Honorer

Ini kita bhas semua, termasuk kita juga bahas terkait masalah pemeliharaannya,” ungkap bupati.(S-26)