AMBON, Siwalimanews – Jajaran Pemasyarakatan di lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku menggelar apel siaga secara serentak di seluruh unit pelaksana teknis  Pemasyarakatan se-Maluku.

Apel siaga tersebut dilaksanakan guna memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Untuk Pulau Ambon, apel siaga dipusatkan di lapangan upacara Lapas Klas IIA Ambon, Kamis (23/12).

Kakanwil Kemenkumham Maluku Andi Nurka selaku pembina apel dalam arahannya menginstruksikan lima poin penting, terkait persiapan pengamanan menjelang Nataru.

Lima poin itu masing-masing, mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Omicron, menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masing-masing UPT, membangun sinergitas dengan aparat penegak hukum setempat dalam rangka memperkuat jajaran masing-masing, menjaga marwah dan kehormatan institusi dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik institusi, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat disetiap area layanan publik.

“Kita berdiri disini untuk menyatakan komitmen kita sebagai petugas pemasyarakatan dan memastikan, bahwa kita siap menyelenggarakan tugas dan fungsi kita selama perayaan Natal dan Tahun baru dengan aman, lancar dan kondusif,” tandas Nurka.

Baca Juga: Cegah Varian Omicron, Wattimury Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

Nurka berharap, instruksinya dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, baik oleh kasatker, pejabat struktural dibawahnya serta seluruh petugas pemasyarakatan di Maluku, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan aman di seluruh UPT.

“Tetap semangat, jaga kesehatan, tetap berdoa, semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa selalu menjaga dan meridhoi segala tugas dan kerja kita,” harapnya. (S-51)