AMBON, Siwalimanews – Brimob Polda Maluku bukan Brimob biasa, itu dibuktikan dengan satuan khusus ini paling sering ditugaskan untuk memback up konfik nasional maupun iInternasional.

Untuk itu guna mengasah keterampilan satuan khusus di Polda Maluku ini, maka digelar simulasi Detasemen 45 Satbrimob anti anarkis yang dipusatkan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Ambon, Kamis (16/2) yang diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif.

Kapolda dalam arahannya menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk menindak lanjuti perintah Kapolri dalam mengecek kesiapan kekuatan Brimob dan penggunaannya, yang merupakan kekuatan langsung dibawah perintah Kapolda Maluku.

“Brimob Maluku bukan Brimob biasa dan yang membanggakan karena sudah teruji dan berhasil diberbagai penugasan,” tandas kapolda.

Pasalnya, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada kata kapolda, Brimob Maluku tetap melakukan pelatihan-pelatihan, dan hal ini merupakan dedikasi dan integritas yang harus selalu dijaga.

Baca Juga: Mantan Pj Negeri Abubu Jadi Tersangka Korupsi DD

“Rekan-rekan Brimob adalah kebanggaan Polda Maluku, jagalah kepercayaan ini. Kepada Dansat Brimob jaga moril anggota, jaga kemampuan anggota, soliditas internal dan sinergitas dengan instansi terkait. Mari kita jaga amanah rakyat, kita adalah representasi dari Kepolisian RI, dengan pedoman dari Rastra Sewakottama, Tribrata dan Catur Prasetya,” ucap kapolda.

Menurut kapolda, kegiatan yang digelar hari ini dilakukan untuk mengecek kesiapan peralatan personel Satbrimob Polda Maluku dalam melayani masyarakat.

“Tingkatkan profesionalisme dalam berikan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan Maluku aman, damai dan sejahtera,” pinta kapolda.

Untuk diketahui, dalam apel gelar pasukan tersebut, kapolda juga mengecek peralatan taktis yang dimiliki Detasemen 45, mulai dari kendaraan hingga peralatan SAR. Kapolda juga menyaksikan demo personel Detasemen 45 dalam menanggulangi tindakan anarkis.(S-10)